Tips Mengatasi Anak Susah Makan

Posted on
imglan
OBAT CEPAT HAMIL TERBAIK! Lihat ➡

Terdapat beberapa tips mengatasi anak susah makan, hal ini tentunya wajib Mama coba agar kebutuhan gizi anak terpenuhi. Gizi dan vitamin merupakan senyawa yang sangat dibutuhkan oleh anak, sebab anak-anak masuk dalam masa pertumbuhan sehingga membutuhkan berbagai vitamin dan gizi untuk mendukung pertumbuhannya. Namun seiring pertumbuhan anak-anak, mereka sering malas makan.

Tidak jarang jika banyak anak yang kehilangan berat badan, tentunya hal ini jika dibiarkan dalam waktu yang lama akan membahayakan si anak. Sebab tumbuh kembangnya akan lambat dan ditambah lagi akan mudah sakit, hal ini tentunya membuat Mama akan sangat khawatir. Sebab setiap Mama ingin anaknya tumbuh sehat dan normal, oleh sebab itu tidak ada salahnya jika Mama mencoba cara ini agar si kecil tidak malas makan lagi.

Ini dia 100 Tips Cara Cepat Hamil yang dikaji mendalam. Khusus bagi Anda yang ingin segera memiliki momongan.
Maksimalkan Promil Anda Sekarang! » LIHAT DI SINI «
  • Tidak membuat waktu makan sebagai ajang untuk bertengkar

Tentunya Mama sering kesal jika melihat si kecil memilih makanan, padahal setiap makanan memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Oleh sebab itu sebagai orang tua, Mama harus bersabar dan tidak memaksa si kecil untuk mengkonsumsi makanan yang tidak dia sukai. Hal ini justru akan memberikannya dampak buruk, seperti timbulnya pertengkaran antara Mama dan si kecil sehingga membuat hubungan antara ibu dan anak akan merenggang. Karena itu Mama harus bersabar dan tidak memaksakan ego, walaupun hal ini tidak mudah. Namun bukan berarti Mama harus membiarkan sifat si kecil yang pemilih dalam makanan. Sebab bisa saja hal ini memicu terjadinya gangguan pola makanan yang akan berefek terhadap perkembangan si kecil, oleh sebab itu Mama harus menyiasati hal ini agar tidak memicu pertengkaran yang akan membuat si kecil semakin malas untuk makan.

  • Tidak memaksa

Sering sekali Mama memaksa si kecil yang sedang malas makan untuk makan, hal ini tentunya banyak dipraktikkan oleh sebagian besar Mama lainnya namun cara ini tidaklah efektif. Apabila si kecil menolak makanan yang ditawarkan maka janganlah memaksa serta bersikaplah tenang, sebab hal ini jauh lebih baik dibandingkan dengan memaksanya yang membuat si kecil tersiksa. Ada baiknya jika Mama bertanya mengapa si kecil tidak mau makan dan menawarkan beberapa alternatif lainnya yang membuat si kecil tertarik untuk makan. Salah satu caranya adalah dengan memasak makanan yang dia sukai, dibandingkan memaksanya untuk makan yang membuatnya berpikir buruk terhadap makanan tersebut sehingga sampai dia dewasa tidak ingin mengkonsumsi makanan tersebut. Atau Mama bisa juga membuat makanan kesukaan si kecil yang dicampur dengan bahan makanan yang tidak dia sukai.

Baca juga :  Menu Makanan Sehat untuk Anak Usia 1 Tahun

Cara Atasi Anak Susah Makan

Tips Mengatasi Anak Susah Makan

  • Mempraktikkan pola makan yang teratur

Salah satu tips mengatasi anak susah makan adalah dengan menerapkan pola makan secara teratur, hal ini dikarenakan di dalam pikiran si kecil tertanam bahwa setiap hari di waktu yang sama akan tersedia makanan. Jadi si kecil akan merasa lapar dan memiliki keinginan untuk makan, oleh sebab itu sediakan makanan ataupun cemilan di waktu yang sama setiap harinya. Agar si kecil semangat untuk makan, Mama bisa juga bertanya kepada si kecil mengenai makanan yang disukai sehingga dapat menyediakan makanan tersebut. Menciptakan pola makan secara teratur juga dapat mencegah terjadi berbagai macam masalah kesehatan yang diakibatkan pola makan yang berantakan.

  • Menyediakan menu yang bervariasi

Walaupun si kecil memiliki makanan kesukaan, namun apabila disajikan setiap hari hanya akan membuatnya bosan. Oleh sebab itu ada baiknya jika Mama menyediakan makanan yang bervariasi, serta kreatif dalam mengolah makanan sehingga terlihat menarik. Mama bisa juga mengombinasikan rasa sehingga si kecil menyukai makanan tersebut, seperti menciptakan makanan yang rasanya gurih dan manis pada hidangan sayur. Bisa juga Mama membuat permainan warna pada tampilan makanan anak atau membuat makanan dengan bentuk hewan maupun benda. Hal ini selain membuat kreatif juga membuat si kecil semangat untuk makan, sebab makanan yang diberikan tertata maka membangkitkan seleranya.

  • Menyediakan alat makan khusus

Selain membuat makanan yang bervariasi, ada baiknya jika Mama menyediakan alat makan khusus untuk si kecil, Mama bisa membeli satu set piring, sendok, dan gelas yang bergambar tokoh kesukaan si kecil. Hal ini bertujuan agar si kecil semangat dan bahagia saat makan, sebab alat makan yang digunakan menarik. Jadi perhatikan si kecil teralihkan dari makanan yang tidak dia sukai, hal ini tentunya jauh lebih baik dibandingkan Mama menakuti si kecil saat makan. Hal itu justru menciptakan kesan negatif di pikiran anak mengenai makanan tersebut, sehingga anak akan malas makan. Satu set alat makan kini juga sudah dijual dengan berbagai macam motif dan model, serta dipatok dengan harga yang beragam dari yang murah hingga yang mahal. Jadi tidak sulit untuk mencari satu set alat makan yang memiliki motif yang sama.

  • Menyajikan dalam porsi kecil

Karena lambung anak masih berukuran kecil, maka ada baiknya untuk menyajikan makanan dalam porsi kecil. Hal ini tentunya membuat si kecil mengonsumsi seluruh makanan tanpa membuangnya, pastinya makanan yang dibuang juga akan terbuang percuma. Namun masih banyak Mama yang menyediakan makanan dalam porsi yang banyak kepada si kecil, sehingga si kecil tidak mampu menghabiskan semua makanan. Apabila Mama takut si kecil masih lapar, maka bisa juga menawarkan untuk tambah.

  • Tidak menjanjikan hadiah
Baca juga :  10 Tips dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Salah satu tips mengatasi anak susah makan yang sering digunakan oleh Mama pada umumnya adalah menjanjikan hadiah jika anak makan, hal ini tentunya membuat si anak mau makan jika diberikan hadiah. Tentunya metode seperti ini tidak dapat digunakan dalam jangka panjang, karena hanya akan membuat si kecil tetap malas makan. Oleh sebab itu bangunlah suasana ketika makan menjadi menyenangkan tanpa harus memberikan iming-iming hadiah, Mama bisa mencoba dengan menata makanan atau mengajak si kecil makan bersama. Dengan begini maka di benak si kecil bahwa ketika saat makan akan menyenangkan sehingga akan membuatnya berhenti malas makan.

  • Tidak memberikan minum terlalu banyak disela-sela makan

Kebiasaan memberikan minuman disela-sela saat makan sering membuat si kecil mudah kenyang, sehingga membuatnya malas makan. Hal ini dikarenakan jumlah air telah memenuhi perutnya sehingga membuatnya cepat kenyang dan tidak sanggup untuk makan lagi, oleh sebab itu biasanya memberikan minum anak ketika selesai makan. Jadi si kecil telah menghabiskan makanannya, Mama boleh memberikan air apabila makanan tidak dapat tertelan. Memang benar jika air bagus untuk anak terutama pencernaannya, namun berikan pada waktu yang tepat sehingga anak tetap mengkonsumsi banyak makanan dan tetap mau minum. Oleh sebab itu sangat disayangkan jika Mama tidak mencoba tips mengatasi anak susah makan ini.

  • Memberikan Suplemen Nafsu Makan Anak

Memberikan suplemen kepada anak-anak memang harus disertai dengan kewaspadaan, karena seperti yang anda ketahui bahwa tubuh anak sangatlah rentan terhadap berbagai macam zat yang ia konsumsi, maka dari itu ada baiknya anda memberikan suplemen nafsu makan anak yang sudah terbukti aman dan berkhasiat. Laperma Platinum bisa menjadi suplemen yang cocok untuk anak anda, karena terbuat dari herbal alami sehingga aman meskipun dikonsumsi setiap hari dan terus menerus, selain untuk membantu meningkatkan nafsu makan Laperma Platinum juga akan membuat kekebalan tubuh anak meningkat sehingga ia tidak mudah terserang penyakit.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Mama coba untuk mengatasi anak susah makan. Semoga anak tidak susah makan lagi ya Mama. Oh iya, untuk mendapatkan Suplemen Nafsu Makan Laperma Platinum Mama bisa menghubungi CS kami melalui WA di 085299710101 atau bisa langsung melakukan pemesanan di www.agenlaperma.com.

Tapi saya tak mau menyerah. Saya lakukan semua usaha dan cara. Akhirnya SAYA HAMIL. INI YANG SAYA LAKUKAN!. » LIHAT DI SINI «