Tanda Pembuahan Berhasil Setelah Berhubungan

Posted on

Salah satu tujuan dari sebuah pernikahan adalah memiliki keturunan sebagai pelengkap kehidupan berumah tangga. Terkadang ada pasangan yang baru beberapa bulan menikah sudah diberi anugerah dengan sang istri yang mengandung, namun ada pula yang harus menunggu selama bertahun-tahun baru bisa memperoleh keturunan. Terbentuknya sebuah janin atau calon bayi sendiri adalah sebuah proses dari hubungan seksual pria dan wanita yang menyebabkan bertemunya sel sperma dan sel telur. Proses pertemuan itulah yang disebut dengan pembuahan. Ada yang dengan sekali pembuahan langsung berhasil, ada pula yang harus berkali-kali melakukan proses pembuahan baru terbentuk sang janin,

Lalu bagaimana proses pembuhan itu sendiri ? Proses pembuahan diawali dengan hubungan seksual saat sang pria berejakulasi akan mengeluarkan jutaan sperma yang masuk melalui vagina. Sperma tersebut kemudian mencari jalan ke rahim untuk bertemu dengan sel telur. Meskipun sperma yang masuk dalam rahim berjumlah banyak namun hanya akan ada satu sperma yang berhasil menembus cangkang sel telur untuk melakukan pembuahan. Ketika sel telur tersebut berubah bentuk maka tidak akan ada sperma lain yang bisa masuk dan saat itulah janin akan terbentuk. Lalu kenapa ada pembuahan yang berhasil dan ada yang tidak berhasil ? Hal itu bisa dikarenakan beberapa sebab, salah satunya adalah sperma yang tidak sampai ditujuan. Perjalanan sperma menuju sel telur adalah dari leher rahim menuju tuba falopi yaitu sepanjang 18 cm. Kecepatan berenang sperma biasanya 2,5 cm setiap 15 menit. Waktu sprema yang  tercepat mencapai sel selur adalah 45 menit sedangkan waktu yang terlama bisa sampai setengah hari. Namun jika spermanya memilki daya hidup yang lemah bisa saja mati ditengah jalan sebelum bertemu dengan sel telur. Atau dalam kasus lain sperma yang bisa mencapai sel telur namun secara alami tertolak oleh tubuh karena merupakan sel sperma yang tidak sempurna.

Sel sperma yang masuk kedalam rahim namun tidak menemukan sel telur untuk dibuahi bisa bertahan dalam tuba falopi selama 7 hari. Jika dalam 7 hari tersebut muncul sel telur maka ada kemungkinan pembuahan terjadi. Begitupun sebaliknya, jika ada sel telur pada tuba falopi namun tidak ada sperma yang membuahi maka sel telur ini akan luruh menuju uterus dan mengembalikan siklus menstruasi wanita. Proses pembuahan sendiri terjadi dalam kurun waktu 24 jam setelah berhubungan seksual jika terjadi pada masa subur. Lalu sekitar 10 hari kemudian sel telur yang dibuahi akan tertanam di dinding rahim (implatansi), pada masa inilah kehamilan bisa terprediksi.

Tanda Pembuahan Berhasil Setelah Berhubungan

Lalu apa yang menjadi tanda pembuahan berhasil setelah berhubungan? Ketika pembuahan berhasil maka bisa dipastikan terbentuknya suatu janin atau calon bayi, sehingga tanda-tanda pembuhan berhasil bisa diartikan pula sebagai tanda-tanda kehamilan seperti berikut :

  • Telat menstruasi

Walau kadang stres bisa mengakibatkan menstruasi yang terlambat namun hal ini juga menjadi salah satu ciri yang paling bisa dikenali jika pembuahan berhasil. Menstruasi sendiri adalah peristiwa meluruhnya sel telur yang menempel pada dinding rahim yang tidak dibuahi. Jika terjadi pembuahan maka sel telur yang dibuahi dan membentuk embrio akan menempel pada dinding rahim, hal ini membuat ovum tidak diproduksi sehingga tidak akan terjadi menstuasi selama kehamilan.

  • Pendarahan ringan atau flek

Embrio hasil pembuahan akan menempel pada dinding rahim, hal ini terjadi biasanya 6-12 hari setelah berhubungan seksual. Pada saat penempelan itu wanita  akan mengalami pendarahan ringan selama 1-2 hari.

  • Munculnya hCG

Hormon chorionic gonadotropin adalah hormon yang akan muncul ketika pembuahan berhasil. Hormon ini dibuat oleh sel-sel plasenta yang bertugas untuk memberi nutrisi pada sel telur yang sudah dibuahi agar berkembang. Kadar hormon ini akan meningkat setiap 72 jam dan biasanya melalui hCG yang terlarut dalam darah atau urine bisa dideteksi jika terjadi kehamilan.

  • Perubahan warna vagina

Warna vagina normalnya adalah merah muda namun ketika pembuahan warnanya akan berubah menjadi lebih pucat

tanda pembuahan berhasil setelah berhubungan

  • Kram

Proses pembuahan juga mengakibatkan rasa sakit diperut bagian bawah atau kram

  • Keluar cairan dari vagina

Ketika mendekati proses pembuahan maka cervical mucus pada vagina akan menipis dan mudah mengeluarakan cairan

  • Perubahan payudara

Indikasi pembuahan yang berhasil juga dapat dilihat dari bentuk payudara yang berubah. Hal ini disebabkan karena perubahan hormon kehamilan dan payudara sedang dipersiapkan untuk menampung air susu nantinya. Jika ini memang terjadi, selamat Bunda. Karena itu artinya tips cara cepat hamil yang bunda lakukan selama ini berhasil. Perubahan payudara yang terjadi adalah lebih besar, bersifat lunak dan sangat sensitif. Selain itu warna puting susunya pun berubah.

  • Kelelahan

Di awal kehamilan akan merasa kelelahan yang sangat. Ini disebabkan oleh hormon progesterone yang diproduksi ketika hamil. Hormon ini membuat metabolisme tubuh berjalan lambat dan menurunkan kadar gula dalam darah sehingga tubuh mudah merasa lelah. Bersama dengan rasa lelah akan muncul pula keluhan sakit punggung dan nyeri kepala.

  • Suhu tubuh berubah

Pembuahan yang berhasil menyebabkan perubahan suhu basal tubuh. Suhu basal adalah suhu tubuh ketika di pagi hari dan bangun tidur. Suhu basal ini akan terus meningkat selama masa kehamilan, biasanya naik sekitar 0,4 – 0,6 derajat dari suhu normal

  • Daya cium tajam

Perubahan hormon membuat daya penciuman lebih sensitif sehingga mudah mual karena mampu mencium bau tidak enak dari jarak yang jauh

  • Morning sickness

Perubahan hormon juga menyebabkan rasa mual dan muntah yang biasa terjadi di pagi hari, walau ada juga yang mengalaminya di sore atau malam hari. Hal ini diakibatkan  adanya hormon hCG dan biasanya cuma terjadi pada trimester awal kehamilan.

  • Sering buang air kecil

Saat hamil maka rahim akan membesar dan mengakibatkan tekanan pada kandung kemih. Hal ini menyebabkan sering ingin buang air kecil pada ibu hamil, hal yang wajar dan sebaiknya jangan ditahan.

Tanda Awal Bahwa Anda sudah Hamil

Untuk membuat pembuahan berhasil maka yang harus dipastikan adalah kesehatan dari sel sperma dan sel telur itu sendiri. Hal itu bisa dilakukan dengan membentuk pola makan yang sehat serta rajin berolahraga. Bagi pria usahakan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung protein, zat besi, selenium dan folat. Selain itu hindari masturbasi karena bisa menurunkan produksi jumlah sperma. Usahakan untuk tidak mengantongi handphone pada saku celana atau memangku laptop terlalu lama karena penelitian membuktikan radiasi dari alat elektronik tersebut dapat membuat sperma lemah bahkan rusak. Bagi wanita sendiri untuk menjaga kesehatan sel telurnya bisa dilakukan dengan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat, zat besi dan vitamin E, serta lebih banyak berkatifitas. Menurut penelitan, perempuan yang lebih aktif peluang hamilnya lebih besar ketimbang yang tidak aktif , namun jangan sampai kelelahan juga. Dan hal yang harus dihindari agar segera mendapat tanda pembuahan berhasil setelah berhubungan baik bagi wanita maupun pria adalah menjauhi minuman beralkohol dan rokok, karena kedua hal tersebut bisa mempengaruhi kesuburan sperma dan sel telur.

Apa yang anda lakukan ketika sudah mengetahui bahwa anda sudah hamil setelah penantian yang cukup lama? Sudah jelas sebagian besar atau bahkan semuanya akan menjawab akan merawat, menjaga kehamilannya dengan baik dengan memenuhi nutrisi yang jelas akan sangat dibutuhkan untuk perkembangan dan kesehatan janin di dalam rahim.

Mungkin sebagian dari anda terutama para pasangan muda lebih banyak yang kurang memahami tentang tanda-tanda kehamilan. Karena memang sebenarnya tanda awal kehamilan sangat mirip dengan tanda-tanda haid, seperti payudara membengkak, timbul flek, dan rasa kram diperut. Apabila anda tidak segera tahu itu adalah tanda kehamilan bukannya haid mungkin akan mencelakakan diri anda sendiri, karena aktivitas sehari-hari anda mungkin akan mencelakakan kehamilan anda.

Untuk menghindari hal seperti itu ada baiknya anda membaca dan memahami tanda – tanda kehamilan dibawah ini:

  • Keterlambatan menstruasi

Terlambatnya menstruasi  ini merupakan tanda paling umum yang banyak orang telah tahu, apabila anda sudah sering menstruasi  secara berkala,telatnya haid  lebih dari  satu minggu sudah harus dicurigai dengan melakukan uji tes kandungan. Alat uji kandungan bisa anda dapatkan di apotek dan juga supermakerket karena alat ini diperjual belikan secara bebas. Tapi apabila anda  sudah terbiasa dengan menstruasi yang tidak rutin mendapatkan bisa diakibatkan karena terlalu memikirkan banyak hal, pola makan yang salah dan terlalu lelah. Meskipun begitu anda juga perlu melakukan uji tes kandungan  apabila anda mendapatkan keterlamabatan haid.

Haid atau menstruasi yang pada tiap bulannya rutin anda alami tiba tiba tidak terjadi bulan ini. Ini bisa menjadi tanda pembuahan berhasil setelah berhubungan anda. Meski ada beberapa kasus yang disebabkan karena pengkonsumsian Pil KB sehingga mengakibatkan anda telat menstruasi atau bahkan tidak menstruasi sama sekali.

  • Nafas lebih terasa pendek

Tanda ini bisa dirasakan apabila anda melakukan rutinitas yang memang biasa anda lakukan tetapi terasa semakin lebih berat  nafasnya dan membuat anda terengah – engah dalam mengatur pernafasan. Hal Ini juga bisa menjadi pertanda bahwa anda saat ini anda sedang hamil. Hal ini dikarenakan janin yang saat ini mulai berkembang didalam kandungan Anda juga membutuhkan oksigen untuk pernafasan,sang janinpun menggunakan jatah oksigen yang seharusnya milik anda.

  • Perut kembung dan sembelit disertai sakit kepala

Susah buang air besar atau sembelit biasanya terjadi saat wanita sedang mengandung dikarenakan hormone progrestron akan mengalami peningkatan dan proses pencernaan akan melambat. Dan Sebagian wanita hamil juga mengeluh tentang sakit kepala oleh karena itu hati-hatilah dalam memilih obat yang tepat untuk sakit kepala karena akan sangat member dampak terhadap janin yang berada di kandungan.

Biasanya terjadi pada pagi hari juga ada yang mengalami mual dan muntah pada siang harinya. Segera memeriksakan diri anda ke dokter kandungan agar bisa dipastikan penyebab anda mengalami mual dan muntah tersebut apakah benar benar menjadi tanda bahwa pembuahan sudah berhasil dengan baik.

  • Sering merasa capek

meningkatnya hormone progresterone dalam tubuh mengakibatkan anda gampang merasa lelah. Hormone progresterone sendiri adalah perasaan umum dari sistem saraf yang membuat  tubuh mudah merasakan kantuk. Ada juga trismester pertama tubuh yang bisa membuat tubuh berusaha jauh lebih berat mendorong hormone dan berusaha untuk memproduksi  banyak darah yang digunakan untuk member asupan nutrisi untuk janin. Dan rasa khwatir akan ikut campur  saat anda hamil. Disarankan mengambil banyak waktu luang untuk mengistirahatkan badan dan mengkonsumsi makanan bergizi.

  • Payudara berubah

Ketika seorang wanita sedang hamil muda, tubuh akan mempersiapkan diri untuk memenuhi kebutuhan bayi nantinya. Salah satu perubahan yang mudah anda kenali adalah pada bagian payudara yang semakin membesar atau ada rasa nyeri. Hal ini lebih disebabkan karena tubuh yang sedang mempersiapkan ASI untuk calon bayi yang akan lahir nantinya.

Perubahan fisik adalah perubahan paling menonjol  saat hamil. Tanda kehamilan yang paling banyak diketahui adalah berubahnya payudara . Biasanya ukuran payudara akan tumbuh dan membuat besar, payudara juga terasa menjadi beban karena terjadinya perubahan, sakit atau nyeri apabila di pegang dan areola atau daerah kecokelatan di sekitar puting payudara akan lebih hitam  dan lebar. Hal ini disebabkan karena meningkatnya produksi hormone esterogen dan progresterone juga  untuk mempersiapkan ibu dalam memberi ASI si calon bayi.

  • Terdapat rasa aneh di mulut

Indra perasa dan penciuman juga akan berubah ketika anda sedang hamil ini akibatnya perubahan hormone yang terjadi di dalam tubuh. Hal inilah yang membuat orang hamil tidak suka makan dan hanya mau makanan tertentu atau ngidam, atau tiba – tiba anda kehilangan selera makan pada makanan favorit anda. Anda harus mensiasati perubahan selera makan ini dengan mengkonsumsi makanan dalam porsi yang tidak banayk tetapi dalam skala sering . Ini adalah hal penting yang wajib dilakuakan agar janin dalam kandungan tetap mendapatakan nutrisi yang cukup.

Mengidam dalam bahasa jawa yang artinya menginginkan sesuatu dengan rasa yang amat  sangat dan keinginan itu terkadang diluar batas kewajaran. Seperti menginginkan durian dan setelah dipenuhi keinginannya ternyata hanya baunya saja yang diinginkan dan sebagainya.

  • Timbulnya  bintik di  perut

Sekitar satu bulan usia pada kehamilan,  flek  akan muncul hal ini  dikarenakan karena didalam rahim telah terdapat pembuahan pada sel telur.pembuahan  Sel telur akan melepaskan darah  yang tertempel di dinding rahim. Yang perlu diketahui adalah bintik ini  terjadi pada saat kehamilan dimulai. Warna flek ini sedikit lebih terang daripada darah menstruasi yang gelap. Selain itu bercak  ini akan terjadi lebih dulu daripada jadwal menstruasi anda.

  • Morning sickness

Merupakan rasa tidak nyaman di pagi hari, ini adalah gejala umum yang dialami oleh wanita hamil. Morning sickness sendiri tejadi akibat reaksi berubahnya hormone di dalam darah sehingga menimbulkan  rasa sakit dalam perut serta membuat mual . pada saat awal trimester  Rasa mual ini akan sering muncul dan akan segera menghilang seiring dengan bertambahnya usia kandungan anda. Morning sickness ini sebenarnya hanya sebuah istilah yang diasumsikan masyarakat, meskipun dinamakan dengan morning sickness tapi perasaan  mual ini bias juga terjadi pada siang hari maupun malam hari.

  • Ingin selalu buang air kecil

Pada masa kehamilan ginjal anda akan bekerja lebih keras sehingga bisa meproduksi air seni lebih banyak karena berubahnya hormon pada darah bisa membuat putaran darah dalam tubuh ibu hamil meningkat. Saat kehamilan anda semakin membesar, semakin besar pula janin anda dan ini menyebabkan bagian dalam tubuh tertekan termasuk juga kandung kemih. Hal ini menyebabkan kemampuan kandung kemih dalam menampung air seni menjadi lebih  sempit dan akhirnya membuat anda sering ingin buang air kecil. Jangan terlalu khawatir dengan kondisi seperti ini dan anda sangat tidak di anjurkan mengurangi porsi air konsumsi anda agar tidak terjadi dehidrasi

  • Perubahan mood pada wanita hamil

Mungkin anda akan merasakan perubahan mood yang tiba – tiba hinggap pada diri anda. Ini bukan berarti anda seorang yang aneh atau tidak. Tapi ini adalah hal yang umum dan sering terjadi pada wanita hamil, perubahan hormone didalam diri anda yang menyebabkan seringnya perubahan mood.

Diatas adalah tanda – tanda yang biasanya terjadi pada wanita hamil, apabila anda sudah mngalami tanda atau gejala seperti diatas tetapi masih juga belum yakin ada baiknya anda melakukan uji kehamilan sebelum cek kehamilan anda ke dokter. Caranya adalah dengan dilakukan tes untuk menguji kehamilan saat hari pertama anda tidak menstruasi. Air seni yang keluar  pertama kali saat anda terbangun saat pagi bisa menjawab rasa penasaran anda, dengan meneteskannya pada alat uji kehamilan. Ketika hamil maka ada hormone HCG atau Human Chorionuc Gonagotrophin akan meningkat. Selain didalam darah, meningkatnya hormone ini juga terjadi pada aliran air kencing.oleh karena itu tes untuk mengetahui kehamilan dilakukan dengan air seni.

Dan yang terakhir jangan sampai anda tertipu dengan gejala hamil palsu. Tanda kehamilan seperti terlambat menstruasi memang bisa menjadi patokan tentang kehamilan. Serta segera lakukan test pack. Dengan cara ini, anda bisa mengetahui dengan cepat dan akurat apakah anda memiliki tanda kehamilan yang nyata atu hanya sugesti dan bisa mengakibatkan emosi labil. Jadi jangan terlalu ambisius apabila anda mempunyai tanda – tanda seperti di atas.