Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi Usia 6 Bulan

Posted on
imglan
OBAT CEPAT HAMIL TERBAIK! Lihat ➡

Tidak terasa anda sudah berhasil melewati setengah masa dari tahun pertama pengasuhan bayi anda. Setiap momen bayi adalah yang paling berharga untuk dipahami dan diikuti. Oleh sebab itulah orang tua selalu mengikuti perkembangan si kecil dan perlu mengetahui pertumbuhan dan perkembangan bayinya dari waktu ke waktu.

Pada perkembangan bayi 6 bulan, bayi akan belajar memaksimalkan fungsi jari jemarinya dengan baik. Mereka akan berusaha menggerakkan dengan maksimal organ tangan mereka untuk memegang, mengidentifikasi sekelilingnya dengan kedua tangan yang lengkap denga jari jemarinya untuk mengambil sesuatu yang terlihat oleh mata mereka dan mereka tidak segan-segan untuk memasukkan benda-benda tersebut ke dalam mulutnya.

Ini dia 100 Tips Cara Cepat Hamil yang dikaji mendalam. Khusus bagi Anda yang ingin segera memiliki momongan.
Maksimalkan Promil Anda Sekarang! » LIHAT DI SINI «

Berat badan bayi usia 6 bulan seharusnya sudah dua kali lipat dari berat badan waktu lahir. Pertambahan berat badan bayi melambat ke sekitar 500 gr per bulan memasuki 6 bulan ke-2 kehidupannya. Pertumbuhan tinggi badan juga melambat antara 1 sampai 11/2 cm per bulan di periode ini.

Bayi usia 6 bulan

  • Di usia 6 bulan bayi mulai bisa duduk sendiri. Awalnya ia mungkin harus menopang badannya dengan tangannya tapi sejalan dengan waktu ia akan bisa duduk tanpa topangan tangannya.
  • Sudah bisa berguling ke posisi telungkup dan telentang sendiri. Ia bahkan mungkin bisa menggeser badannya maju atau mundur dengan mendorong lantai pad saat tengkurap.
  • Ada yang sudah mulai mencoba merangkak dengan menyeret perutnya di usia ini ini, ada pula yang lebih senang duduk dan mengamati saja.
  • Bisa tidur terus menerus selama enam sampai delapan jam per sekali tidur. Karena ia sudah bisa berguling, ia mungkin tidur dalam keadaan telentang dan bangun dalam posisi tengkurap.
  • Bayi juga sudah mulai mengenali orang dan benda di sekitarnya. Ia akan merasa nyaman dengan hal-hal yang dikenalnya seperti mama, papa, kakek, nenek serta mainan favoritnya. Ia mungkin sudah bisa meminta digendong dengan cara mengangkat kedua tangannya. Ia juga mungkin mulai takut terhadap orang atau situasi yang asing baginya.

Oleh karena mereka akan mengekplorasi dengan baik keadaan sekelilingnya yang masih merupakan hal yang baru bagi mereka. dalam hal ini orang tua haruslah memfasilitasi dengan baik perkembangan buah hatinya dengan menyediakan mainan bayi yang sesuai dengan perkembangan bayi 6 bulan ini. Para orang tua bisa membelikan dan juga memberikan mainan berupa mainan yang lembut dan aman untuk digigit dan juga pilihlah mainan yang berbunyi untuk merangsang inderanya yang lain.

Tapi saya tak mau menyerah. Saya lakukan semua usaha dan cara. Akhirnya SAYA HAMIL. INI YANG SAYA LAKUKAN!. » LIHAT DI SINI «