Perbedaan Efek KB Suntik 1 Bulan dan Suntik 3 Bulan

Posted on
imglan
OBAT CEPAT HAMIL TERBAIK! Lihat ➡

Kebahagiaan setelah memiliki momongan tentu tidak bisa digambarkan oleh pasangan suami istri yang telah menantinya entah dengan waktu yang cepat ataupun lambat. Setelah melahirkan salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah memberikan jarak kelahiran anak pertama dengan yang kedua. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa seorang anak butuh kasih sayang, perhatian penuh dari kedua orang tuanya. Sehingga mengatur jarak kelahiran perlu dilakukan agar anak-anak nantinya tidak akan kekurangan kasih sayang atau perhatian dari kedua orang tuanya.

Sangat penting untuk menentukan jenis kontrasepsi yang akan digunakan. Ada beberapa jenis kontrasepsi yang bisa dipilih seperti pil KB, KB suntik, implan, atau pemasangan IUD/spiral.

Ini dia 100 Tips Cara Cepat Hamil yang dikaji mendalam. Khusus bagi Anda yang ingin segera memiliki momongan.
Maksimalkan Promil Anda Sekarang! » LIHAT DI SINI «

Kebanyakan pasangan akan memilih kontrasepsi pil KB atau bisa juga KB suntik. Namun yang akan dibahas lebih jauh diartikel ini adalah KB suntik.

KB Suntik adalah salah satu metode mencegah kehamilan yang saat ini banyak digunakan di negara-negara berkembang. KB Suntik bekerja mengentalkan lendir rahim sehingga sulit untuk ditembus oleh sperma untuk pembuahan. Jenis kontrasepsi ini juga mencegah sel telur menempel ke dinding rahim sehingga proses kehamilan bisa dicegah.

KB suntik adalah kontrasepsi hormonal yang mengandung hormon progestogen (progestin), yang serupa dengan hormon alami wanita, yaitu progesteron. Hal ini dapat menghentikan Anda berovulasi. Biasanya, suntik KB disuntikkan pada bagian tertentu pada tubuh Anda, seperti di paha, pundak, di bawah perut, atau lengan atas. Setelah disuntikkan, kadar hormon akan meningkat dan kemudian menurun secara bertahap hingga suntikan selanjutnya.

KB Suntik dibagi menjadi 2 jenis, yaitu KB suntik 1 bulan dan 3 bulan, masing-masing memiliki perbedaan efek sebagai berikut:

KB suntik 1 bulan

KB Suntik 1 Bulan, adalah jenis Suntikan KB yang diberikan 1 bulan sekali. Dengan pemberian suntikan pertama sama dengan suntik 3 bulan, yaitu setelah 7 hari pertama periode menstruasi, atau 6 minggu setelah melahirkan. Alat kontrasepsi ini mengandung kombinasi hormon Medroxyprogesterone Acetate (hormon progestin) dan Estradiol Cypionate (hormon estrogen).

Suntikan kombinasi mengandung hormon esterogen dan progesteron, yang diberikan satu bulan sekali. Pemberian hormon progestin akan menyebabkan pengentalan mukus serviks sehingga menurunkan kemampuan penetrasi sperma. Hormon tersebut juga mencegah pematangan dan pelepasan sel telur. Endometrium menjadi tipis dan atrofi dengan berkurangnya aktifitas kelenjar. Selain itu akan merangsang timbulnya haid setiap bulan.

Suntik KB 1 bulan juga memiliki risiko lebih rendah terhadap timbulnya pedarahan yang tidak teratur dan lebih mungkin untuk memiliki periode menstruasi yang teratur. Selain itu, efek kesuburan setelah suntikan diberhentikan dapat kembali lebih cepat yaitu dalam waktu tiga bulan.

Kerugian

  • Kemungkinan terlambatnya pemulihan kesuburan setelah penghentian pemakaian.
  • Harus kembali ke sarana pelayanan.
  • Tidak dapat dihentikan sewaktu-waktu sebelum suntikan berikutnya.
  • Permasalahan berat badan merupakan efek samping tersering
  • Dapat menyebabkan ketidakteraturan masalah haid
  • Tidak menjamin perlindungan terhadap penularan penyakit menular seksual, hepatitis B, atau infeksi HIV.
  • Mual, sakit kepala, nyeri payudara ringan, dan keluhan seperti ini akan hilang setelah suntikan kedua atau ketiga.
  • Efektivitas berkurang bila digunakan bersamaaan dengan obat-obat epilepsi dan obat tuberklosis.
  • Dapat terjadi efek samping yang serius, seperti serangan jantung, stroke, bekuan darah pada paru atau otak, dan kemungkinan timbulnya tumor hati.
  • Kemungkinan terlambat pemulihan kesuburan setelah penghentian pemakaian.

Keuntungan

  • Menurunnya jumlah darah haid setiap bulan, menurunkan nyeri perut.
  • Mengurangi kemungkinan penyakit kurang darah akibat kekurangan zat besi.
  • Mengurangi tanda atau gejala sindroma haid
  • Dapat melindungi kemungkinan penyakit radang panggul dan kanker indung telur karena progestin menyebabkan mukus serviks menebal, sehingga memepersulit penularan infeksi dari liang senggama atau serviks untuk mencapai saluran telur (penekanan ovulasi akan menyebabkan berkurangnya stimulasi dari sel epitel ovarium).

KB suntik 3 bulan

KB Suntik 3 Bulan, adalah jenis Suntikan KB yang mengandung hormon Depo Medroxyprogesterone Acetate (hormon progestin) dengan volume 150 mg. Alat kontrasepsi ini diberikan setiap 3 bulan atau 12 Minggu. Suntikan pertama diberikan 7 hari pertama saat periode menstruasi Anda, atau 6 minggu setelah persalinan. Jenis Suntikan KB ini ada yang dikemas dalam cairan 1 ml atau 3 ml.

Suntikan KB 3 bulan mencegah kehamilan dengan melepaskan hormon progestin ke dalam pembuluh darah.

Progestin adalah hormon yang serupa dengan progesteron yang diproduksi ovarium. Progestin dalam suntik KB 3 bulan bekerja dengan menghentikan pelepasan sel telur ke dalam rahim, sehingga mencegah terjadinya pembuahan. Selain itu, hormon ini juga mencegah sperma untuk mencapai sel telur dengan menebalkan cairan vagina dan mencegah pertumbuhan janin dengan menipiskan dinding rahim.

Cara kerja KB suntik 3 bulan:

  • Mengentalkan Lendir pada jalan lahir, sehingga sperma tidak bisa menembus ke rahim.
  • Mengganggu pergerakan saluran tuba/saluran sel telur, sehingga sel telur tidak bisa mencapai   rahim.
  • Mencegah pematangan sel telur, dan membuat kondisi rahim tidak cocok untuk pertumbuhan sel telur Efektifitasnya mencapai 99,9%

Kerugian

  • Menyebabkan perubahn siklus haid (teratur menjadi tidak teratur, lebih lama/lebih cepat)
  • Kembalinya kesuburan cukup lama sekitar 6-12 bulan (ibu harus menunggu untuk bisa hamil lagi)
  • Tidak melindungi dari IMS atau infeksi menular seksual (kecuali kondom)
  • Pusing / sakit kepala
  • Penambahan berat badan

Keuntungan

  • Berjangka panjang sehingga ibu hanya perlu datang setiap 3 bulan
  • Tidak mengganggu hubungan seksual
  • Tidak mempengaruhi proses menyusui (sangat cocok untuk ibu yang telah menyusui > 6minggu)

Pada umumnya semua jenis kontrasepsi memiliki kelebihan dan kekurangan mesing-masing. Kelebihan dan kekurangan ini juga memiliki efek yang berbeda-beda pada setiap pemakainya. Ada yang secara keselurahan mengalaminya tetapi adapula yang hanya mengalami beberapa gejala yang sudah disebutkan diatas.

Yang paling adalah bahwa efek samping ini merupakan penyesuaian tubuh terhadap perubahan hormon sehingga kemungkinan tidak akan berlangsung lama. Semoga bermanfaat

Tapi saya tak mau menyerah. Saya lakukan semua usaha dan cara. Akhirnya SAYA HAMIL. INI YANG SAYA LAKUKAN!. » LIHAT DI SINI «