Menu Makanan Sehat untuk Anak Usia 1 Tahun

Posted on

Makanan sudah seperti soulmate yang tanpanya kita tentu tidak bisa bertahan hidup. Sumber energi utama manusia berasal dari makanan yang kita konsumsi. Sama halnya dengan anak usia dini, mereka bahkan memerlukan makanan bergizi yang banyak dibanding Mama yang sudah dewasa ini, kenapa begitu ya? Hal itu dikarenakan anak usia dini masih dalam tahap pertumbuhan yang mengharuskannya mengonsumi nutrisi yang sehat.

Manfaat Pola Makan Sehat untuk Si Buah Hati

Nah, Mam, tentunya makanan yang sehat sangat berpengaruh pada tumbuh kembang si kecil, lho. Yuk simak apa saja manfaat dari pola makanan sehat untuk si kecil

  • Proses tumbuh dan berkembang lebih baik

Ini sudah jelas kan Mam, dengan pola makanan yang sehat, tumbuh kembang si buah hati akan sangat bagus. Apalagi untuk usianya yang masih dini, semua zat yang terserap dari makanan akan langsung bermanfaat bagi si kecil loh Mam.

  • Mencegah dari berbagai penyakit

Umumnya nih Mam, untuk anak usia dini sekitar 5 tahun ke bawah sangat rentang terserang berbagai penyakit. Asupan yang sehat tentu akan membantu si kecil dalam membentuk daya tahan tubuh yang kuat. Imun yang kuat pasti mampu mengalahkan bakteri, virus dan kuman jahat Mam.

  • Memenuhi nutrisi otak si buah hati

Usia dini termasuk usia preschool loh Mam, usia ini biasa disebut usia keemasan. Pada usia ini, anak terus tumbuh dan berkembang dengan mempelajari apa yang ada di sekitarnya. Tentunya hal itu didukung oleh nutrisi yang ia dapatkan. Nutrisi yang sehat akan berpengaruh pada sistem otaknya. Otak yang sehat akan mempengaruhi kecerdasan Mam.

  • Meningkatkan daya tahan tubuh si kecil

Selain terhindar dari berbagai penyakit, si kecil juga akan tubuh dengan lebih bertenaga, kuat serta ceria. Anak yang aktif tentunya dambaan orang tua kan Mam? Hayo, siapa yang ingin buah hatinya lesu dan tidak bertenaga? Tentu tidak ada. Anak yang sehat ditandai dengan aktifnya dan gesitnya si anak. Jadi, jangan merasa lelah bila si kecil terlalu banyak gerak ya Mam! Itu adalah bagian dari tumbuh kembangnya. So, enjoy it!

Macam-Macam Nutrisi bagi Perkembangan Anak

Hai, Mams, yuk kita kenali berbagai macam nutrisi yang baik untuk perkembangan si buah hati

  • Kalsium

Kalsium sangat identik dengan tulang. Yap, sudah tidak terbantahkan lagi bahwa nutrisi kalsium sangat baik dalam pertumbuhan dan perkembangan tulang belulang, terutama pada si kecil yang terus beranjak besar. Nah, akan berbahaya nih Mam bila si kecil kekurangan kalsium, bayangkan saja apabila proses partumbuhan dan perkembangan tulang belulang si kecil terganggu, hal itu akan berefek pada lamanya si anak berjalan bahkan akan sulit menopang bobot tubuhnya sendiri.

Tapi Mama tidak perlu khawatir, ada banyak contoh makanan dalam pemenuhan kalsium misalnya saja dari susu, tahu, keju dan sayur-sayuran berklorofi (sayuran berwarna hijau).

  • Zat besi

Berbicara mengenai besi, bukan besi yang di toko bangunan ya Mam, hehe. Zat besi disini merupakan mineral yang sangat dibutuhkan tidak hanya untuk orang dewasa tapi juga untuk anak usia dini dalam hal pembentukan darah merah loh Mam. Nah, akan sangat berabe nih kalau si kecil kekurangan zat besi. Tubuhnya akan kekurangan sel darah merah yang berakibat pada lesu, lemas bahkan si kecil bisa saja terkapar karena terserang anemia.

Mama tidak perlu khawatir, ada banyak opsi makanan yang mengandung zat besi misalnya saja dari kacang-kacangan, hati, sereal bahkan di daging merah ada juga loh Mam.

  • Protein

Protein bisa dikatakan sebagai penunjang utama nih Mam. Proses metabolisme tubuh sangat diambil peran oleh si protein ini. Zat protein berfungsi sebagai pengatur metabolisme tubuh (proses penyerapan makanan untuk dijadikan sebagai energi tubuh dan asupan untuk organ-organ penting di tubuh) serta sebagai zat yang memperbaiki sel yang rusak. Nah Mam, untuk si kecil yang pada usia keemasan ini, tentunya metabolisme nya lebih cepat dibandingkan orang dewasa, sehingga pemenuhan protein harus lebih banyak dibandingkan kita nih Mam. Sumber protein paling banyak didapat dari makanan laut nih Mam, misalnya saja ikan, ikan sangat bervariasi jenisnya, Mams tinggal pilih saja yang sekiranya tidak menimbulkan alergi pada si anak ya, karena ada karakteristik tubuh yang gampang alergi pada jenis ikan tertentu.

  • Vitamin

Naaah Mam, sering dengar kan vitamin?? Yap, vitamin ini bisa disebut sebagai pelengkap dari semuanya. Kehadirannya sebagai penunjang dalam kandungan nutrisi pada si buah hati. Tentunya ada banyak sekali jenis dari vitamin. Ada vitamin A, B, C D, E dan K. biasanya vitamin ini berasal dari buah-buahan dan sayuran nih Mam. Ayo, biasakan si buah hati mengonsumsi buah-buahan dan sayuran ya Mam!

Menu Makanan Sehat untuk Anak Usia 1 Tahun

Menu Makanan untuk Si Buah Hati Usia 1 Tahun

Setelah membaca berbagai informasi di atas, Mama perlu langsung mempratikkan nih. Ada banyak sekali resep yang bisa Mama praktikkan. Tapi, dalam artikel ini kami berikan 3 pilihan yang berbeda dan tentunya gampang dibuat oleh Mama. yuk simak berbagai menu yang bisa Mama sajikan untuk si buah hati usia 1 tahun

  • Kentang Tuna Sayur Bayam

Pada menu ini, Mama cukup kukus kentang dan daging ikan. Kemudian menumis bawang bombai dan mengaduk antara maizena serta susu. Lalu gabungkan dengan daun bawang dan aduk hingga semua tercampur. Ketika sudah rata, baru deh Mama masukkan ke dalam kentang dan ikan yang sudah di kukus.

  • Sup Makaroni Tofu Brokoli

Menu ini bisa jadi andalan Mama nih. Karena zat besi, karbohidrat dan protein sudah tergabung menjadi satu. Caranya mudah kok Mam. Sama seperti membuat soup pada umumnya. Bedanya adalah Mama ga boleh pakai MSG ya hehe.

  • Nasi goring sayur

Mam, ingat ya, nasi gorengnya jangan terlalu banyak minyak. Seadanya saja. Pakai sayur dan telur sebagai bahan utamanya. Namun, untuk memperwangi masakan, Mama bisa menumis terlebih dahulu beberapa siung bawang merah dan putih. Telur pada nasi goreng ini sangat baik sebagai sumber protein yang tinggi setelah asi loh Mam.

Nah, gimana nih Mam, tertarik untuk mencoba? Dari menu di atas, Mama bisa modifikasi ke jenis yang lain loh. Pilihan di atas menggunakan 3 model pemasakan, yakni ada yang di kukus, direbus dan digoreng. Jadi Mam bisa mengganti dengan bahan yang lain juga yang tentunya gizinya seimbang ya Mam! Tapi, mam perlu ingat, jangan menaruh MSG dalam makanan si buah hati ya. Untuk si kecil yang sedang dalam masa penyerapan nutrisi, MSG (monosodium glutamat) ini tidak baik untuk dikomsumsi, didalamnya terlalu banyak kandungan bahan pengawet yang bisa berdampak pada sistem saraf. So, Mama, mulai sekarang pakai penyedap alami saja ya untuk menu makanan si buah hati.

[Ads] Untuk mengatasi si kecil yang Susah Makan, berikan Laperma Platinum sehari 2 kali, pagi dan malam hari, sudah banyak kog yang membuktikan khasiat Laperma untuk membantu meningkatkan selera makan juga menambah berat badan si kecil, Laperma Platinum terbuat dari bahan-bahan herbal berkhasiat yang tentu saja aman untuk dikonsumsi walau secara rutin karena tidak menimbulkan efek samping, Info Lengkap dan Pemesanan bisa melalui Whatsapp di nomor 085299710101 atau kunjungi Pemesanan Laperma Platinum di www.agenlaperma.com.