Menghilangkan Keputihan yang Berlebihan

Posted on

Keputihan yang berlebihan jika terjadi pengeluaran cairan atau lender yang banyak dari vagina. Dalam jumlah yang normal, keputihan berfungsi untuk mempertahankan keasaman atau pH dalam vagina guna untuk menjaga kesehatan vagina. Fungsi lendir yang normal bagi vagina sama dengan fungsi air liur terhadap mulut kita. Namun, terkadang pada saat-saat tertenru, jumlah keputihan dapat meningkat yang menyebabkan rasa tidak nyaman bagi wanita yang mengalaminya.

Pada saat mendekati masa menstruasi, biasanya jumlah keputihan yang diproduksi akan lebih banyak dari biasanya sehingga terkadang muncul di celana dalam anda. Namun, hal ini masih bersifat normal. Hal ini bisa disebabkan oleh terjadinya perubahan hormone pada wanita pada saat menemui masa menstruasi juga pada saat masa subur. Keputihan yang berlebihan bisa juga disebabkan oleh adanya bakteri pada vagina. Terkadang selain menyebabkan keputihan yang berlebih juga dapat menimbulkan bau yang menyengat pada lendir keputihan tersebut. Keputihan yang berlebih juga bisa menandakan adanya gangguan pada organ reproduksi wanita, seperti kanker serviks atau kanker rahim. Jika telah terindikasi penyakit, biasanya keputihan akan berwarna agak kemerahan atau kecoklatan karena bercampur darah serta menimbulkan bau yang menyengat.

Upaya untuk menghilangkan keputihan sangat penting dilakukan oleh wanita yang mengalami keputihan. Terlebih lagi jika keputihan tersebut keluar dalam jumlah yang banyak atau berlebih, sebaiknya segera lakukan sesuatu untuk mengatasinya. Kebersihan organ intim sangat penting bagi kaum wanita. Organ kewanitaan memang sangat sensitive sehingga harus benar-benar dijaga kebersihannya. Bakteri canida albicans merupakan salah satu bakteri yang paling sering menimbulkan masalah keputihan karena dapat menurunkan keseimbangan pH di dalam organ intim wanita. Bakteri penyebab keputihan ini harus segera diatasi. Karena keputihan yang disebabkan oleh bakteri bisa menjadi hal yang menakutkan karena beresiko menimbulkan berbagai macam gangguan pada organ reproduksi wanita. Keputihan yang berlebihan dapat merubah suasana keasaman pada pH vagina.

Mengatasi Masalah Keputihan yang Berlebihan

Jika anda mengalami keputihan yang berlebihan, anda bisa memperhatikan kembali pola hidup yang anda jalani. Sebaiknya koreksi, mungkin ada kebiasaan yang kurang baik bagi kesehatan organ reproduksi anda. berikut beberapa hal yang perlu anda lakukan untuk mengatasi keputihan yang berlebihan.

  1. Konsultasikan kondisi anda kepada dokter ahli kebidanan untuk memastikan penyebab dari keputihan yang anda alami. Jika telah dipastikan tidak berbahaya, dan tidak memerlukan pengobatan khusus, maka anda boleh lega. Namun, jika ternyata keputihan tersebut tergolong berbahaya, maka sebaiknya anda ikuti saran dan pengobatan dokter danmeminta solusi yang paling tepat untuk mengatasinya.
  2. Lakukan perawatan yang tepat saat menjaga kebersihan organ vital anda. gunakan air bersih untuk membasuh atau cebok, dan hindari penggunaan pengharum pada area organ kewanitaan yang mengandung parfum.
  3. Konsumsi makanan yang bergizi seimbang dengan mengutamakan makanan 4 sehat 5 sempurna untuk kebutuhan tubuh anda sehari-hari. Kurangi konsumsi makanan yang mengandung pemanis dan berlemak.
  4. Hindari penggunaan produk pembersih yang harum atau yang dijual bebas di pasaran, yang belum terjamin keamanannya. Gunakan produk yang berbahan herbal jika memang dibutuhkan.
  5. Perbanyak membaca tentang informasi kesehatan organ kewanitaan. Semakin banyak yang kit abaca, maka akan semakin banyak pula pengetahuan kita untuk bisa menjaga kesehatan organ kewanitaan kita.