Menghilangkan Gatal Keputihan

Posted on

Rasa gatal biasanya juga akan timbul pada organ intim wanita yang mengalami keputihan. Keputihan merupakan masalah yang sangat sering dialami oleh para wanita, baik tua maupun muda,umumnya pada wanita usia reproduktif. Perlu anda ingat bahwa keputihan bukan merupakan suatu penyakit. Hanya saja, keputihan bisa menjadi jalan bagi timbulnya suatu penyakit, terutama pada bagian organ reproduksi wanita yang mengalami keputihan. Oleh sebab itu, sangat penting untuk anda ketahui cara-cara yang tepat untuk mengatasi masalah keputihan.

Para wanita bisa mengalami keputihan normal atau keputihan yang tidak normal. Keputihan normal bisa terjadi pada setiap wanita, bahkan pada bayi perempuan yang baru lahir akibat hormon yang dihasilkan oleh plasenta pada saat di dalam kandungan. Keputihan yang tidak normal biasanya ditandai dengan warna keputihan yang berubah menjadi kekuning-kuningan, kehijauan, keabu-abuan, kecoklatan, atau merah bercampur darah, keputihan menjadi lebih kental, berbau busuk atau menimbulkan bau yang tak sedap, dan salah satunya juga bisa menimbulkan rasa gatal pada kulit, khususnya bagian area organ intim wanita yang terkadang terasa panas atau terbakar dan menimbulkan warna kemerahan pada kulit area tersebut.

Rasa gatal tersebut bisa terjadi akibat dari adanya bakteri atau kuman yang terdapat pada keputihan tersebut. Adapun bakteri tersebut biasanya akan muncul akibat dari kebersihan diri, khususnya kebersihan organ intim wanita yang kurang terjaga. Pada suasana tertentu, kuman atau bakteri lebih mudah berkembang dan dapat menimbulkan adanya masalah pada organ reproduksi wanita. Organ intim wanita memang sangat sensitif dan sangat rentan terhadap bakteri. Oleh sebab itulah, para wanita harus menjaga kesehatan organ intim dengan baik.

Apa yang Harus Dilakukan untuk Mengatasinya?

Jika anda mengalami keputihan dan anda merasakan gatal pada area organ intim anda, sebaiknya anda memeriksa keputihan anda dengan memperhatikan warna keputihan, bau, volume dan kekentalannya. Jika anda mendapatkan salah satu saja dari beberapa tanda keputihan yang tidak normal, maka sebaiknya anda segera temui dokter anda melakukan konsultasi dan pemeriksaan untuk mengetahui penyebab dari masalah keputihan yang anda alami. Sangat penting untuk anda perhatikan saran-saran atau anjuran dari dokter anda dalam menangani masalah keputihan tersebut.

Untuk menghilangkan rasa gatal yang ditimbulkan akibat keputihan anda bisa menggunakan cara-cara tradisional atau cara alami yang tidak mengganggu kesehatan organ reproduksi anda. Jika ingin mengkonsumsi obat atau jamu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter anda jika anda juga diharuskan mengkonsumsi obat dari dokter. Untuk pengobatan luar anda bisa menggunakan air hangat untuk membasuh organ intim dalam upaya menghilangkan atau meredakan rasa gatal pada organ intim anda. Anda pun bisa menggunakan rebusan daun sirih untuk membasuh organ vital anda. Daun sirih sangat bagus untuk dijadikan sebagai pengobatan anti bakteri. Tetapi sebaiknya tidak digunakan setiap hari untukmengatasikeputihan.

  1. Beberapa hal yang sebaiknya anda hindari ketika timbul rasa gataltersebut adalah sebagai berikut:
    Jangan menggaruknya, karena dapat menimbulkan rasa gatal yang lebih parah dan akan mudah menularkan rasa gataldari satu sisi ke sisi lain yang anda garuk.
  2. Jangan menaburi bedak apapun pada organ intim anda, karena akan terjadi tumpukan partikel-partikel zat kimia dari bedak tersebut yang dapat memudahkan bakteri untuk berkembang.
  3. Sebaiknya anda lebih sering untukmengganti celana dalam dan pastikan celana dalam benar-benar dalam keadaan bersih.