Mengatasi Keputihan yang Berbau

Posted on

Masih banyak diantara para wanita yang bingung dalam mencari solusi dalam mengatasi keputihan yang berbau. Mengenai masalah keputihan, mungkin sudah tidak asing lagi bagi para wanita. Keputihan seringkali dianggap sebagai masalah yang ringan atau biasa-biasa saja yang memang hampir semua wanita mengalaminya. Sehingga tak sedikit dari wanita yang kurang memperdulikannya. Mereka kebanyakan menganggap bahwa keputihan merupakan hal biasa yang lumrah terjadi pada setiap wanita, sehingga tidak perlu dilakukan perawatan khusus.

Anggapan tersebut memang tidak sepenuhnya salah, namun perlu anda ketahui bahwa keputihan pada wanita tidak boleh dianggap remeh. Hal ini dikarenakan selain proses fisiologis yang alami bagi wanita, terkadang keputihan bisa menjadi alarm bagi tubuh akan terjadinya sesuatu yang tidak normal, utamanya pada organ reproduksinya. Oleh sebab itu, sangat penting bagi tiap wanita untuk memperhatikan gejala keputihan dan mengetahui cara perawatan yang benar.

Untuk keputihan yang normal, anda tidak perlu melakukan perawatan khusus dalam menjaga kesehatannya. Hal ini karena memang secara fisiologis, yaitu berdasarkan system dan fungsi tubuh atas pengaruh hormone pada wanita akan menyebabkan pengeluaran cairan atau berupa lendir sebagai perawatan alami yang terjadi dalam organ reproduksi. Jika cairan tersebut tidak berbau atau berwarna lain dan tidak menyebabkan rasa gatal, maka hal ini tidak perlu menimbulkan rasa khawatir. Hanya perlu perawatan biasa agar tetap sehat. Namun, anda perlu merasa cemas, jika keputihan yang anda alami mengarah kepada ketidaknormalan dari proses keputihan yang terjadi.

Salah satu tanda dari keputihan yang perlu diwaspadai adalah timbulnya aroma yang tidak sedap atau bau yang menyengat yang disebabkan oleh keputihan tersebut. Jika ada diantara anda yang mengalami keputihan yang berbau, itu menandakan ada gangguan pada organ reproduksi anda. Oleh karena itu, anda harus menyikapinya dengan serius untuk merawat dan mengatasi keputihan tersebut. Mungkin masih banyak diantara para wanita yang belum mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi keputihan yang berbau. Untuk itu, sangat penting untuk anda simak uraian berikut tentang mengatasi keputihan yang berbau.

Mengatasi Keputihan yang Berbau

Keputihan yang tidak kekuningan atau kehijauan, namun berbau tidak sedap bisa mengarah pada terjadinya infeksi atau peradangan pada daerah sekitar organ reproduksi wanita. Untuk itu, anda perlu memeriksakan diri ke klinik kebidanan, akan dilakukan Pap Smear untuk mendeteksi penyebab keputihan apakah bakteri atau jamur. Hal ini penting dilakukan untuk penyesuaian pemberian obat dokter dengan penyebabnya. Dan pada kondisi seperti ini anda disarankan untuk tidak berhubungan intim terlebih dahulu.

Pada saat proses penyembuhan, anda diharapkan member perhatian yang lebih pada saat melakukan perawatan. Misalnya, akan lebih sering mengganti pakaian dalam dengan menggunakan yang berbahan kain halus yang lebih banyak dapat menyerap keringat, mengelap area organ kewanitaan (vagina) dengan handuk yang bersih hingga terasa kering. Selain itu juga anda perlu mengontrol makanan yang anda konsumsi, upayakan memilih makanan yang segar dan menghindari makanan yang memiliki aroma yang menyengat.

Memang sangat banyak berbagai cara untuk mengatasi keputihan, mulai dari produk herbal, produk kimia, dan cara yang alami pun juga bisa anda lakukan untuk bisa mengatasi keputihan yang berbau. Namun demikian, anda harus pandai dalam memilih cara yang tepat untuk menyembuhkan keputihan anda dengan baik dan tentunya sangat penting mengatasi masalah tersebut dengan cara yang tepat. Baik herbal maupun kimia, keduanya memiliki batasan-batasan dan aturan pemakaian yang tepat guna mewujudkan kesehatan mahkota berharga anda. Maka dari itu anda perlu berhati-hati dalam memilih produk perawatan, terlebih untuk organ yang sangat berharga bagi anda kaum wanita.