Manfaat dan Tujuan Inisiasi Menyusu Dini

Posted on
imglan
OBAT CEPAT HAMIL TERBAIK! Lihat ➡

Inisiasi Menyusu Dini (IMD) merupakan proses penting yang sebaiknya dilakukan langsung setelah bayi dilahirkan. Dari IMD ini Anda bisa melihat perilaku menakjubkan antara bayi dan ibunya dalam jam-jam pertama setelah bayi dilahirkan. Program ini dilakukan dengan cara langsung meletakkan bayi yang baru lahir di dada ibunya dan membiarkan bayi ini merayap untuk menemukan puting susu ibu untuk menyusu. IMD harus dilakukan langsung saat lahir, tanpa boleh ditunda dengan kegiatan menimbang atau mengukur bayi. Bayi juga tidak boleh dibersihkan, hanya dikeringkan kecuali tangannya. Proses ini harus terjad kontak kulit ke kulit antara ibu dan bayinya.

Ketika bayi menyusu, maka oksitosin akan dilepas. Oksitosin adalah hormon yang menyebabkan kontraksi, sehingga otot rahim akan berkontraksi seperti semula dan ukurannya kembali normal, sehingga dapat mengurangi pendarahan pasca persalinan.

Ini dia 100 Tips Cara Cepat Hamil yang dikaji mendalam. Khusus bagi Anda yang ingin segera memiliki momongan.
Maksimalkan Promil Anda Sekarang! » LIHAT DI SINI «

Inisiasi dini dapat mengurangi stres pada bayi. Terdapat kemampuan kulit ibu untuk menyesuaikan suhunya dengan suhu yang dibutuhkan bayi. Bayi akan tampa lebih tenang, denyut jantungnya pun stabil. Selain itu, pemberian ASI pada jam-jam pertama dapat menekan  angka kematian bayi pada beberapa bulan pertama kehidupannya.

Kontak antara kulit ibu dan kulit bayi memiliki manfaat yang sangat menakjubkan. Dengan kontak tersebut, ibu dan bayinya akan merasa lebih tenang dan secara psikologis ikatan yang lebih kuat akan terbentuk lebih dini. Bagi ibu, kontak kulit dengan bayi akan membantu pelepasan hormone oksitosin yang berfungsi juga untuk merangsang keluarnya ASI atau produksi ASI dari dalam payudara.

Sementara itu bagi bayi, dengan adanya kontak kulit akan menstabilkan sistem pernapasan juga aliran darah. Selain itu, saat bayi diletakkan di kulit ibu, maka ia akan menjilati kulit dan memungkinkan ia menelan bakteri yang baik yang terdapat di kulit ibu. Secara tidak langsung ia akan membentuk koloni bakteri baik di ususnya yang akan menyaingi bakteri jahat.

Manfaat terpenting dalam program inisiasi menyusu dini begitu besar bagi tahapan awal permulaan bayi ketika baru dilahirkan di dunia ini. Karena dengan adanya program inisiasi menyusui dini bagi bayi ini akan bisa dijadikan salah satu cara dalam menekan dan menurunkan penyebab kematian bayi oleh karena hipotermia (kedinginan).

Bayi yang baru lahir sangat rentan terhadap kematian akibat hipotermia (kedingnan). Namun 16 persen penyebab kematian bayi dapat dicegah melalui pemberian ASI pada sejak hari pertama dilahirkan. Angka ini naik menjadi 22 persen jika pemberian dimulai satu jam setelah kelahiran atau dikenal dengan istilah inisiasi menyusui dini (IMD).

Tapi saya tak mau menyerah. Saya lakukan semua usaha dan cara. Akhirnya SAYA HAMIL. INI YANG SAYA LAKUKAN!. » LIHAT DI SINI «