Kalkulator Masa Subur

Posted on

Dear Bunda … Setelah sebelumnya saya memberikan sebuah kalkulator kehamilan yang dapat membantu Bunda untuk memperkirakan masa kelahiran bayi yang Bunda kandung, kali ini saya akan memberikan kalkulator masa subur yang digunakan untuk menghitung masa subur Bunda setiap bulan.

Untuk menggunakan kalkulator ini, masukkan Tanggal Haid Pertama Menstruasi Terakhir Bunda pada bagian kolom pertama, kemudian masukkan juga Rata-Rata Panjang Siklus Haid Bunda pada kolom kedua, kemudian klik HITUNG. Setelahnya akan muncul kalender dengan warna-warna yang berbeda.

Berikut beberapa keterangan tentang tanda di kalender :

LOW FERTILITY (Warna Abu-Abu) : Masa Tidak Subur

HIGH FERTILITY (Warna Hijau) : Masa Subur

PERIOD (Warna Pink) : Perkiraan Awal Haid Anda pada siklus berikutnya

PREGNANCY TEST (Warna Biru) : Masa yang baik untuk melakukan test pack (uji kehamilan)

Kalkulator Masa Subur & Ovulasi

Tanggal Haid Pertama Menstruasi Terakhir
Rata-rata Panjang Siklus Menstruasi Anda
HITUNG

***

Setiap wanita yang sudah menikah mungkin menginginkan kehamilan yang cepat dan terencana dengan matang. Tetapi ternyata ada juga beberapa dari mereka yang ingin menunda kehamilan dengan beragam alasannya masing-masing. Bagi wanita yang sedang merencanakan kehamilan bisa melakukan hubungan intim pada saat masa subur. Namun bagi yang ingin menundanya, hubungan intim baiknya dilakukan di luar masa subur tersebut. Untuk itu, setiap wanita perlu mengetahui dengan pasti masa subur mereka supaya keinginannya dapat tercapai dan diperhitungkan dengan benar.

Itulah sebabnya menghitung kalkulator masa subur akurat perlu dilakukan oleh semua wanita yang ingin merencanakan kehamilan atau yang ingin menunda kehamilan mereka.  Kalkulator masa subur wanita bisa dilakukan dengan beberapa cara, salah satu yang paling jitu adalah berdasarkan siklus menstruasi. Pada dasarnya semua wanita memiliki siklus yang berbeda, tergantung individu masing-masing. Ada yang normal dan ada juga yang tidak teratur, maka cara perhitungan masa subur wanita tersebut akan berbeda-beda.

Siklus menstruasi normal atau teratur pada wanita adalah sekitar 28 hingga 30 hari. Jika anda mengalami menstruasi dengan teratur, perhitungan kalkulator masa subur akurat ini cukup mudah dilakukan. Masa subur terjadi pada hari ketiga sebelum pertengahan siklus dan hari ketiga setelah pertengahan siklus menstruasi anda. Misalnya siklus menstruasi terjadi 28 hari, maka pertengahan siklus terjadi pada hari ke 14. Sehingga bisa disimpulkan bahwa masa subur terjadi pada hari ke 11 dan hari ke 17 untuk siklus menstruasi yang 28 hari tersebut.

Sedangkan untuk siklus menstruasi yang tidak teratur, anda harus mengamati siklus selama 6 bulan kebelakang terlebih dahulu. Hal ini supaya anda mengetahui panjang pendeknya jangka waktu siklus menstruasi anda. Rumus hari pertama masa subur siklus menstruasi yang tidak teratur adalah jumlah hari siklus terpendek dari 6 bulan terakhir dikurang 18. Dan rumus hari terakhirnya adalah jumlah hari siklus terpanjang dikurangi 11. Itulah cara perhitungan kalkulator masa subur akurat berdasarkan siklus menstruasi yang paling jitu dan mudah dilakukan.

***

Bagi anda yang selama ini kesulitan untuk mendapatkan momongan, tentunya akan menimbulkan kecemasan dan kegelisahan tersendiri baik bagi istri maupun sang suami. Tak jarang beberapa orang pun sampai mengalami frustasi akibat permasalahan yang satu ini, bagi anda yang memiliki permasalahan yang sama, ada baiknya anda melakukan pengecekan masa subur secara rutin baik itu mendatangi dokter, menggunakan sistem kalender, mengecek suhu tubuh, ataupun menggunakan Kalkulator masa subur wanita yang telah banyak beredar di website – website yang membahas hal ini.

Namun tentunya sebelum menggunakan kalkulator tersebut, beberapa hal seperti kapan haid terakhir, interval dan juga lamanya haid perlu anda ketahui agar penghitungan dapat lebih akurat untuk mengetahui kapan masa subur anda berlangsung. Dengan demikian, melakukan hubungan pada masa subur tentunya akan lebih meningkatkan prosentase kehamilan yang lebih tinggi di banding di luar masa subur. Akan tetapi bagi anda yang masih kesulitan setelah menggunakan kalkulator tersebut, jangan khawatir! kami memiliki sebuah produk yang dapat membantu permasalahan anda.

Ialah Madu Al Mabruroh, yang terbuat dari bahan – bahan herbal berkualitas yang terdiri dari Madu, ekstrak dari buah kurma, dan juga ekstrak dari daun barucina. Madu Al Mabruroh sangat aman untuk dikonsumsi baik bagi anda yang telah berpasangan maupun anak remaja, khasiat untuk wanita yakni menambah kesuburan kandungan sementara bagi pria akan membantu memperbaiki kualitas dari sperma sehingga prosentase terjadinya proses pembuahan dapat meningkat. Segera kunjungi www.bizaims.com untuk keterangan selanjutnya.

***

Sebelum anda mengetahui mengenai bagaimana cara penggunaan kalkulator masa subur, anda bisa mengetahui kesuburan anda terlebih dahulu dengan menggunakan perhitungan normal, seperti perhitungan kalender yang juga tidak kalah mudah dengan kalkulator masa subur bagi anda yang memiliki siklus menstruasi teratur tiap bulannya. Anda tinggal menghitung sudah berapa hari haid anda berlangsung, karena pada hari ke 12 sampai hari ke 16 merupakan masa subur yang terjadi pada kebanyakan wanita.

Namun jika tidak ingin terlalu repot menghitung dan mencatat, anda bisa menggunakan kalkulator masa subur yang dalam penggunaannya lebih mudah. Kalkulator masa subur biasanya membutuhkan koneksi internet dalam penggunaanya, meskipun anda bukanlah pengguna yang hebat dalam berselancar di dunia maya, anda tidak perlu khawatir karena ada banyak sekali situs blog yang menyediakan aplikasi sederhana namun bermanfaat ini.

Akan dibutuhkan tanggal atau waktu dimana anda memulai siklus menstruasi dan mengisikannya pada kolom yang sudah di sediakan, dan ikuti langkah selanjutnya untuk mendapatkan perhitungannya. Dalam beberapa kalkulator online untuk menghitung masa subur biasanya anda bukan hanya mendapatkan informasi mengenai kesuburan saja melainkan lebih dari itu, akan ada perkiraan berapa lama dan kapan dimulainya siklus menstruasi anda pada bulan berikutnya atau bahkan informasi tentang waktu berhubungan untuk merencanakan jenis kelamin janin.

Setelah melakukan pengecekan masa subur dengan menggunakan kalkulator masa subur, untuk lebih menguatkan perkiraan waktu masa subur disarankan untuk mengamati gejala-gejala yang akan anda alami saat masa subur seperti mengamati suhu basal tubuh.
Seorang perempuan yang sedang dalam masa subur salah satunya di tandai dengan naiknya suhu tubuh sebesar 0.5-1.6 derajat celcius, dan untuk mengetahui kenaikan suhu basal, disini anda perlu untuk mengukur suhu tubuh anda menggunakan thermometer atau alat ukur suhu tubuh yang lain setiap hari selama satu bulan untuk dapat mengetahui pada hari keberapa suhu tubuh anda meningkat dan peningkatan ini berapa lama terjadinya. Selain itu anda juga tetap dianjurkan untuk sering dan secara teratur memeriksakan diri ke dokter.

***

Bagi wanita yang sudah mempunyai tingkat kesuburan yang tinggi, mempunyai anak adalah hal yang tidak sulit selama mereka mempunyai pola hidup yang sehat.  Namun hal ini akan sangat berbeda dengan pasangan, terutama wanita yang mempunyai garis keturunan yang sulit mempunyai anak. Ada banyak pasangan yang sudah menikah dalam waktu yang cukup lama namun masih belum juga mempunyai anak.Jika dulu belum banyak diketahui tentang istilah masa subur, maka kini istilah ini sudah banyak di dengar dan didalami, termasuk dengan kalkulator masa subur.

Sejumlah orang sangat percaya dengan keberadaan dari kalkulator masa subur untuk membantu mereka menghitung kapan waktu yang tepat untuk hamil. Kalkulator masa subur dengan penghitungan yang sangat akurat bisa meningkatkan prosentase sebuah pasangan untuk bisa mendapatkan anak yang dinantikan selama ini. Ada beberapa cara untuk menggunakan kalkulator masa subur yang sudah banyak dikenal oleh banyak orang.

Cara menghitung tingkat kesuburan  pada wanita  adalah kunci yang utama untuk bisa cepat mempunyai anak. Kebanyakan orang tidak mau repot menghitung masa subur pasangannya, yang wanita, dengan menggunakan kalkulator masa subur. Menghitung masa subur memang terbilang sesuatu yang sulit dan merepotkan, apalagi untuk wanita yang mempunyai siklus menstruasi yang tidak teratur.

Seiring dengan berjalannya waktu dan teknologi, kini menghitung masa subur tidak lagi menyulitkan. Sejumlah pakar kandungan sudah membuat kalkulator masa subur yang bisa diakses dengan menggunakan internet dan mengetahui hasilnya dengan tepat. Sang wanita hanya perlu memasukkan tanggal berapa dia mulai menstruasi dan kapan berakhirnya. Beberapa versi dari kalkulator masa subur ini hanya tinggal melihat dari berapa hari sang wanita mengalami menstruasi.

Ada banyak perhitungan  yang disajikan dalam kalkulator masa subur. Namun jika ditarik satu garis besar maka akan ada hari  dimana sang wanita mengalami masa ovulasi, masa subur yang paling puncak. Para wanita adanya perlu mengetahui hari dimana ia menjadi sangat subur dengan menggunakan kalkulator masa subur untuk bisa memperkirakan kapan harus berhubungan intim.  Hal ini sangat diperlukan untuk memperkirakan masa hidup sperma yang  hanya bisa bertahan sekitar satu sampai tiga hari saja di dalam rahim.

Kalkulator masa subur akan membantu pasangan tahu kapan sel telur yang sudah matang dan siap untuk dibuahi oleh sperma. Ada baiknya pasangan berhubungan satu atau dua hari sebelum sel telur dilepaskan. Jika perhitungan yang dilakukan dengan menggunakan kalkulator masa subur ini akurat, maka besar kemungkinannya sang wanita akan cepat hamil. Selain  dengan menggunakan kalkulator masa subur, sebenarnya sang wanita bisa merasakan kapan ia berada dalam masa subur. Salah satunya adalah ketika ia mendapati tingkat kekenyalan dari payudara yang menjadi lebih kenyal.

Penentuan masa subur wanita adalah perlu demi keberhasilan dalam memiliki keturunan, dengan mengetahui masa subur seorang pria saja tidak akan cukup karena jika tidak keduanya dalam keadaan subur dan sehat kehamilan akan lebih sulit.

Masa subur seorang pria lebih mudah untuk ditebak dan lebih sering terjadi berbeda halnya dengan masa subur wanita yang terjadi hanya beberapa hari dalam sebulan.

***

Banyak sekali Media informasi online yang sudah menyertakan dan memberikan cara mudah dengan memberikan penghitungan masa subur berupa kalkulator masa subur online, meski gratis namun akan sangat bermanfaat sekali dalam mengetahui masa subur seorang wanita.

Selain mengetahui masa subur, sangat diperlukan juga bagi anda untuk mengetahui apa saja yang dapat membantu kesuburan kandungan, agar pembuahan berlangsung lancar. Dalam proses perkembangan janin pun anda perlu mengetahui apa saja yang dapat membahayakan janin atau yang akan bermanfaat bagi janin nantinya.

Dengan mengetahui masa subur seorang wanita kita bisa memperbesar peluang untuk hamil, karena berhubungan di luar masa subur akan berpotensi kecil sekali untuk hamil, bisa hamil namun jarang sekali. Hal itu dikarenakan posisi sel telur yang belum siap atau matang untuk dapat dibuahi oleh sperma pria.

Menggunakan metode perhitungan manual dengan sistem kalender juga bisa anda lakukan untuk mengetahui kapan masa subur anda, ada cara lain yang sepertinya akan lebih mudah, anda hanya perlu mengetahui kapanawal siklus menstruasi anda dan anda bisa tahu kapan masa subur dan kapan saat anda tidak subur, serta akan diketahui pula siklus menstruasi bulan depan dimulai pada tanggal berapa.

Banyak media internet yang sudah menyertakan kalkulator masa subur dalam situs, blog dan sebagainya. Dalam penggunaannya ada beberapa perbedaan dalam setiap media, seperti contoh ada yang anda hanya perlu memasukkan tanggal berapa anda mulai haid, dan ada pula yang menggunakan prinsip kerja seperti jam analog, disitu anda hanya perlu menggerakkan mouse komputer/laptop anda tepat ke tanggal yang sudah di sediakan dalam kalkulator yang kebanyakan berbasis online atau membutuhkan koneksi internet.

***

Dalam penghitungan masa subur, ada beberapa cara yang bisa digunakan selain dengan menggunakan hitungan kalender. Berdasarkan kebiasaan wanita pada umumnya dibuatlah sebuah program praktis yang bisa mempermudah anda dalam mengetahui kapan masa subur akan terjadi dan kapan masa subur akan berakhir.

  • Tingkat akurasi sudah tidak rendah lagi

Mungkin pada awal pembuatan kalkulator masa subur, ketepatan perkiraannya masih meragukan karena masih belum dibuat dengan sempurna sehingga para ahli memperbaikinya berdasarkan kebiasaan pada umumnya. Meskipun tidak menjami 100% akurat. Namun, kalkulator masa subur sudah bisa menjadi acuan dengan tingkat kesalahan yang minim.

  • Lebih mudah digunakan

Jika anda menggunakan hitungan kalender akan dibutuhkan sedikit ketelitian kemudian anda juga harus melakukan sedikit penelitian dengan mencatat setiap kejadian kemudian dihitung berdasarkan rumus masa subur. Dengan menggunakan kalkulator masa subur, anda hanya perlu mengetikkan awal menstruasi anda. Dan hasilnya selain mengetahui masa subur anda bulan ini dan bulan berikutnya. Anda juga diberi perkiraan kapan menstruasi selanjutnya dan kapan pula anda berada pada masa tidak subur.

***

Mendengar istilah kalkulator sebagian dari anda akan langsung membayangkan sebuah alat hitung yang dilengkapi dengan tombol angka dan sebuah layar persegi panjang yang biasanya digunakan dalam sebuah transaksi perdagangan. Namun istilah kalkulator disini bukanlah seperti yang anda bayangkan tersebut, namun lebih ke penghitungan yang dapat anda gunakan untuk menentukan kapan masa subur seorang wanita terjadi dan juga untuk menentukan kapan akhir dari masa subur seseorang.

Dengan memanfaatkan koneksi internet yang sudah bisa kita temukan dimana-mana di seluruh wilayah di indonesia. Anda bisa menggunakan kalkulator kesuburan online misalnya, sebenarnya aplikasi sederhana ini memang dibuat untuk mendeteksi kesuburan, namun seiring berkembangnya teknologi dan pengalaman, maka dalam sebuah kalkulator masa subur biasa sudah disertai dengan berbagai macam info lengkap mengenai kehamilan, mulai dari kapan waktu menstruasi berikutnya, begitu juga dengan waktu berakhirnya menstruasi selanjutnya. Kapan anda akan melahirkan jika anda memasukkan tanggal anda berhubungan dengan pasangan pada masa subur dan masih banyak lagi info yang bisa anda dapatkan.

Perlu anda ketahui juga bahwa kalkulator masa subur ini adalah sebuah aplikasi perkiraan, mesikipun kebanyakan info yang diberikan adalah benar namun tetap tidak menutup kemungkinan akan hasil yang salah. Jadi jangan hanya berpatokan pada satu sumber saja, anda juga tetap disarankan untuk mengecek gejala-gejala yang terjadi pada tubuh anda sehingga akan diketahui apakah anda benar benar dalam masa subur ataukah belum, juga dengan menggunakan alat tes kesuburan yang sudah terbukti lebih akurat karena pendeteksian didasarkan pada perubahan hormon yang bisa diambil dari contoh urine ataupun air liur wanita.

Selain dengan menggunakan metode yang bisa anda lakukan seperti diatas, ada baiknya anda juga memeriksakan diri dan berkonsultasi pada dokter kandungan sehingga anda juga akan memperoleh informasi mengenai kehamilan yang lain baik dari segi asupan nutrisi apa yang dibutuhkan wanita untuk tetap subur ataupun menghindari beberapa hal yang kurang baik dan dapat menurunkan kualitas kesuburannya sehingga nantinya akan lebih cepat hamil.

***

Mempunyai buah hati bisa jadi salah satu keinginan setelah menikah yang direncanakan semua pasangan. Atau bahkan mungkin saat ini topik tersebut tengah menjadi pembicaraan hangat antara anda dan suami. Tidak heran apalagi jika anda sudah cukup lama menunda kehamilan dan ingin segera memiliki momongan. Karena bisa dikatakan bahwa mengandung buah cinta adalah masa yang paling diidamkan oleh setiap wanita, tentu termasuk anda salah satunya. Ada hal penting yang perlu anda dan pasangan perhatikan agar rencana memiliki momongan bisa terlaksana dengan baik.

Hal penting tersebut yaitu mengetahui faktor penyebab yang akan mempercepat proses kehamilan anda. Misalnya adalah tingkat kesuburan yang tinggi. Karena semakin subur, akan memperbesar kemungkinan kehamilan itu terjadi. Pada wanita, kesuburan meningkat pada waktu-waktu tertentu yang disebut dengan masa subur. Untuk itu, anda perlu mengetahui masa subur anda dengan perhitungan kalkulator masa subur akurat.

Mengetahui masa subur bisa juga dilakukan berdasarkan kondisi tubuh dengan mengecek kondisi lendir yang terdapat pada leher rahim anda. Lendir yang berwarna bening ini sekilas seperti putih telur, teksturnya licin dan juga elastis. Jika lendir tersebut terasa encer ketika dipegang, maka pada saat itulah masa subur anda sedang terjadi. Namun, pengecekan ini harus dilakukan setiap hari. Dan perhitungan kalkulator masa subur akurat sangat penting dilakukan bagi anda dan pasangan yang ingin memiliki momongan.

  • Siklus Haid Teratur

Pertengahan siklus + 3 = Masa subur = Pertengahan siklus – 3

  • Siklus Haid Tidak Teratur

Jumlah hari siklus terpendek – 18 = Masa subur = Jumlah hari siklus terpanjang – 11

Sebagai contoh perhitungan berdasarkan siklus teratur misalnya siklus terjadi 28 hari. Maka pertengahan siklus anda adalah hari ke 14, sehingga masa subur terjadi pada hari ke 11 dan hari ke 17. Sedangkan untuk haid tidak teratur, harus dilakukan pengamatan siklus terpanjang dan terpendek selama 6 bulan kebelakang untuk mengetahui perhitungan kalkulator masa subur akurat anda.