Gangguan atau Kelainan pada Payudara yang Bukan Kanker

Posted on
imglan
OBAT CEPAT HAMIL TERBAIK! Lihat ➡

Payudara adalah organ vital wanita yang bertumpu pada otot-otot bagian dada yang menutupi tulang rusuk. Berbagai macam gangguan payudara tentu akan sangat berbahaya jika anda tidak mampu mendeteksi secara dini.

Beberapa bagian payudara bisa mengalami perubahan-perubahan berupa gejala-gejala tertentu. Dua jenis perubahan yang utama adalah kondisi perubahan payudara yang jinak atau non kanker dan kanker payudara. Perubahan-perubahan yang terjadi pada payudara bisa disebabkan oleh kondisi yang jinak dan bisa juga berupa kanker. Banyak kondisi yang jinak ini terlihat seperti kanker payudara. Sulit untuk membedakan antara keduanya, jika hanya dengan melihat gejala-gejalanya saja atau tidak dilakukan pemeriksaan oleh ahlinya. Beberapa kondisi payudara yang patut dicurigai adalah benjolan, rasa sakit, dan kotoran payudara.

Ini dia 100 Tips Cara Cepat Hamil yang dikaji mendalam. Khusus bagi Anda yang ingin segera memiliki momongan.
Maksimalkan Promil Anda Sekarang! » LIHAT DI SINI «

Berikut adalah beberapa diatara kelainan payudara yang bukan kanker:

  • Perubahan fibrokistik

perubahan fibrokistik umumnya merupakan kondisi jinak pada payudara. Perubahan-perubahan ini sering mempengaruhi wanita antara usia 20-50 tahun, sebelum masa menopause. Dalam banyak kasus, gejala-gejala perubahan fibrokistik meliputi rasa sakit pada payudara, dan benjolan lunak atau area yang menebal pada payudara. Banyak wanita yang mengalami perubahan-perubahan fibrokistik dan tidak ada gejala-gejala yang butuh perawatan, tapi mereka harus mendapatkan nasihat lebih lanjut. Maka dari itu, jika wanita merasakan adanya gejala-gejala yang lain dari payudaranya, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter, agar segera tereteksi lebih dini dan lebih mudah ditangani.

  • Hyperplasia

Hyperplasia merupakan sebuah pertumbuhan sel yang luar biasa yang timbul pada beberapa bagian payudara. Wanita yang mengalami hyperplasia ringan tidak beresiko terkena kanker payudara. Wanita yang terkena hyperplasi mempunyai resiko sedikit lebih tinggi terkena kanker payudara. Hyperplasia biasanya dapat diketahui dengan biopsy pembedahan, untuk itu sebaiknya lebih sering berkonsultasi dengan dokter.

  • Adenosis

Pada kasus adenosis, ada bagian payudara yang dinamakan lobula akan membesar, dan mengadung kelenjar-kelenjar yang lebih banyak dari biasanya. Wanita yang memiliki resiko terkena kanker payudara.

  • Fibroadenoma

Fibroadenoma adalah tumor jinak yang terdapat dalan jaringan payudara. Fibroadenoma lebih umum terjadi pada wanita usia 20-30 tahun, tetapi bisa juga terjadi pada usia berapapun. Yang bisa meningkatkan resiko terkena fibroadenoma adalah penggunaan pil pengontrol kelahiran sebelum usia 20 tahun. Fibroadenoma hanya bisa ditentukan dengan pemeriksaan biopsy, utamanya biopsy jarum inti. Dalam kasus ini, menghilangkan fibroadenoma bisa berakibat menghilangkan beberapa kelenjar payudara normal yang ada didekatnya. Sangatlah penting bagi wanita agar selalu melakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) secara teratur untuk memastikan tidak ada kelainan berupa benjolan pada payudara.

Tapi saya tak mau menyerah. Saya lakukan semua usaha dan cara. Akhirnya SAYA HAMIL. INI YANG SAYA LAKUKAN!. » LIHAT DI SINI «