Ciri-ciri Wanita Mandul dan Penyebabnya

Posted on
imglan
OBAT CEPAT HAMIL TERBAIK! Lihat ➡

Kata mandul bisa menjadi salah satu kata yang menakutkan bagi beberapa pasangan, terutama bagi mereka yang sangat menginginkan kehamilan. Kemandulan sendiri dapat diartikan sebagai bentuk ketidakmampuan pasangan suami istri untuk mencapai kehamilan setelah melaksanakan hubungan seksual lebih dari setahun dan tidak menggunakan alat kontrasepsi sama sekali. Dalam menangani kemandulan perlu dilakukan keseriusan dalam mengatasinya dan penyebab kemandulan itu bisa terjadi dari salah satu pihak (istri atau suami) atau bahkan dari keduanya.

Pengetahuan sejak dini tentang penyebab seorang istri belum hamil sangat penting untuk memudahkan pengobatan jika diperlukan dan peningkatan kesuburan jika masalahnya tidak begitu berat.

Ini dia 100 Tips Cara Cepat Hamil yang dikaji mendalam. Khusus bagi Anda yang ingin segera memiliki momongan.
Maksimalkan Promil Anda Sekarang! » LIHAT DI SINI «

Ciri-ciri Wanita Mandul dan Penyebabnya

Gangguan yang paling sering dialami oleh wanita mandul adalah gangguan ovulasi karena bila ovulasi tidak terjadi maka tidak akan ada sel telur yang bisa dibuahi. Madu Penyubur Al Mabruroh. Sedangkan salah satu tanda untuk wanita yang mengalami gangguan ovulasi yaitu haid yang tidak teratur atau tidak haid sama sekali. Selain itu berikut penyebab lain dari kemandulan wanita:

  • Tertutupnya lubang saluran tuba, disebabkan karena infeksi, endometriosis, dan operasi pengangkatan kehamilan ektopik.
  • Adanya gangguan pada rahim, seperti haid yang tidak teratur atau tidak adanya haid sama sekali, dan adanya nyeri haid di luar kebiasaan. Jika anda termasuk wanita yang sering merasakan nyeri haid dianjurkan untuk mengkonsultasikannya.

Haid yang tidak teratur atau tidak haid sama sekali bisa terjadi karna seorang wanita mengalami obesitas atau kegemukan. Perubahan hormon yang disebabkan oleh kegemukan adalah adanya timbunan lemak yang memicu pembuatan hormon. Pada wanita normal, calon estrogen dihasilkan dari ovarium. Tetapi pada wanita yang obesitas, hormone estrogen tidak hanya dihasilkan oleh ovarium tetapi juga berasal dari lemak dibawah kulit. Hal inilah yang kemudian menyebabkan diproduksinya hormon LH lebih cepat sebelum waktunya.

Kondisi ini mengakibatkan sel telur (ovum) tidak bisa pecah, serta tidak terangsangnya hormon progesteron. Ini berakibat pada ketidakteraturan siklus haid, jumlah darah haid yang banyak atau masa haid yang lebih lama.

  • Penyakit radang panggul, merupakan satu peradangan pada tuba falopi yang menghubungkan indung telur dengan rahim. Biasanya peradangan ini akan menyerang kedua tuba falopi dan infeksi bisa menyebar ke rongga perut dan menyebabkan peritonitis.
  • Keguguran yang lebih dari sekali, kegagalan dalam proses kehamilan secara spontan pada usia lebih dini atau sama dengan dua puluh Minggu.

Sedangkan pada pria penyebabnya seringkali karena adanya masalah pada sperma. Pada seorang pria yang sudah dewasa, sperma secara terus menerus akan diproduksi. Proses pembuatan sperma ini dinamakan spermatogenesis dan sel yang belum terspesialisasi akan membutuhkan waktu kurang lebih 72-74 hari untuk dapat berkembang menjadi sel sperma yang matang dan siap untuk dapat membuahi sel telur.

Dari testis kiri dan kanan sperma akan bergerak ke dalam epididimis yaitu satu saluran berbentuk gulungan yang terletak di puncak testis menuju ke testis belakang bagian bawah dan akan disimpan di dalam epididimis hingga tiba saatnya ejakulasi. Prosesnya tidak hanya sampai di situ saja, dari epididimis sperma akan bergerak ke vas deverens dan duktus ejakulatorius. Di dalam duktus ejakulatorius inilah cairan yang dihasilkan pada sperma dan membentuk semen, hingga kemudian mengalir menuju ke uretra dan dikeluarkan saat ejakulasi.

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi proses tersebut sehingga akan terjadi yang namanya kemandulan.

  • Suhu di dalam testis, akibat demam berkepanjangan atau karena adanya panas dari luar yang berlebihan bisa menyebabkan berkurangnya jumlah sperma, bukan hanya berkurang dalam hal jumlah namun juga dapat mengurangi pergerakan sperma dan dapat menambah jumlah sperma yang abnormal di dalam semen. Selain kondisi tersebut, duduk terlalu lama dengan aktifitas yang sama atau penggunaan laptop yang diletakkan dipaha dalam jangka waktu yang lama juga dipercaya dapat mengurangi jumlah sperma yang dihasilkan. Sehingga bagi pria hal ini perlu dihindari.
  • Adanya penyakit yang serius di dalam testis, penyumbatan atau tidak adanya vas deferens (kiri dan kanan) bisa menyebabkan sperma tidak terbentuk sama sekali. Penyumbatan sendiri bisa karena gangguan fisik yang dapat menyebabkan sel sperma tidak bisa masuk ke cairan mani. Trauma fisik yang mengenai testis, prostat dan uretra juga bisa menyebabkan tersumbatnya saluran ini.
  • Varikokel, adalah merupakan kelainan anatomis yang paling banyak ditemui pada kemandulan seorang pria.
  • Ejakulasi retrograd, akan terjadi jika semen mengalir melawan arusnya, yaitu jika semen mengalir ke dalam kandung kemih dan bukan ke penis.

Selain itu ada pula kelainan yang biasa kita kenal dengan impotensi (disfungsi ereksi). Disfungsi ereksi (impotensi) adalah ketidakmampuan laki-laki untuk mencapai dan mempertahankan ereksi dalam rentang waktu yang cukup untuk berhubungan intim secara memuaskan.

Penyebab disfungsi ereksi dibagi menjadi dua yaitu:

  1. Impotensi organik adalah adanya kondisi medis atau penyakit tertentu yang bisa menyebabkan gangguan hormone, gangguan saraf tepid an gangguan pembuluh darah.
  2. Impotensi non organik merupakan jenis impotensi yang paling sering ditemukan, penyebabnya adalah hal yang bersifat kejiwaan (psikis) seperti: depresi, stress yang berlebihan, tekanan mental yang disebabkan pasangan atau orang lain.

Impotensi ini juga bisa terjadi karna gabungan antara penyebab organik dan non organik. Penyakit yang dapat menimbulkan impotensi adalah hipertensi, diabetes mellitus, kadar kolesterol yang tinggi, masalah jantung (suplai darah ke penis kurang maksimal), pemakaian obat-obatan yang salah, pemakaian alkohol yang berlebihan atau juga sebagai akibat kegiatan merokok yang sangat kronis.

  • Ketidakseimbangan hormon menyebabkan hormon yang berfungsi atau bertugas terhadap pematangan sperma menjadi terganggu. Akibatnya sperma menjadi sulit matang atau sperma tidak dihasilkan.
  • Kelainan pada sperma yang dihasilkan. Misalnya bentuk yang tidak normal. Bentuk sperma yang tidak normal dikenal sebagai teratozoospermia. Bentuk sel sperma yang tidak normal akan mempersulit sel sperma tersebut membuahi ovum.

Yang dimaksud dengan bentuk tidak normal adalah sel sperma berkepala bulat, sel sperma berkepala pipih, sel sperma dengan kepala terlalu besar, sel sperma berkepala ganda dan sel sperma yang tidak memiliki ekor, dll.

Sedangkan menurut WHO berikut ini adalah ciri-ciri sperma yang tidak baik secara makroskopis.

  • Tidak memiliki volume sekitar 2-5 mililiter
  • Tidak berbau khas
  • Tidak mencair dalam waktu kurang dari satu jam ketika berada di luar organ reproduksi
  • Tidak berwarna putih keruh dan tidak kental
  • Setiap mililiternya tidak berjumlah sekitar 20-40 juta dengan 30 persen diantaranya berbentuk normal
  • Mobilitas (pergerakan) yang tidak baik
  • Adanya aglutinasi (dua spermatozoa yang melekat menjadi satu)

Setelah mengetahui penyebab kemandulan yang bisa terjadi pada Bunda dan pasangan diharapkan untuk bisa introspeksi diri dan melihat apakah beberapa gejala diatas sedang terjadi. Untuk masalah yang secara langsung terjadi pada rahim dan tempat prosuksi sperma itu sendiri butuh pemeriksaan langsung oleh dokter.

Jadi setelah menikah 1 tahun dan belum juga mendapatkan momongan, jangan ragu atau menunda untuk memeriksaan diri ke dokter. Hal ini sangat bermanfaat karena dokter akan menentukan penyebab Bunda belum juga hamil dan secara tepat mampu memberikan pengobatan yang diperlukan untuk meningkatkan kesuburan Bunda dan pasangan sehingga kehamilan bisa dicapai. Semoga bermanfaat.

Tapi saya tak mau menyerah. Saya lakukan semua usaha dan cara. Akhirnya SAYA HAMIL. INI YANG SAYA LAKUKAN!. » LIHAT DI SINI «