Cara Tradisional Menghilangkan Keputihan

Posted on

Ketika seorang wanita mengalami keputihan, terkadang harus melakukan perawatan khusus. Namun, perawatan pada masalah keputihan ini juga tergantung dari seberapa besar tingkat keparahannya. Keputihan yang tidak normal dan mengarah kepada suatu penyakit, sebaiknya langkah awal harus memeriksakan diri ke dokter kandungan guna untuk mengetahui terlebih dahulu penyebab dari keputihan tersebut. Dan untuk langkah selanjutnya, maka dokter yang akan mengambil keputusan langkah apa yang tepat untuk mengatasi keputihan anda. jika keputihan anda normal, tetapi keputihan selalu muncul di luar waktu yang semestinya, maka anda bisa mencoba menanganinya sendiri tanpa bantuan dari dokter, tetapi anda bisa mencoba menghilangkan keputihan dengan cara tradisional.

Yang seperti apakah mengatasi keputihan dengan cara tradisional? Warisan nenek moyang atau orang-orang terdahulu telah membuktikan akan adanya khasiat atau fungsi dari beberapa tumbuhan di sekitar kita. Dan, itu bisa dijadikan sebagai obat, salah satunya yaitu sebagai obat keputihan. Tidak semua keputihan merupakan suatu penyakit, akan tetapi akan menjadi penyakit jika muncul keputihan namun anda membiarkannya atau meremehkannya. Anda bisa memeriksa jenis keputihan anda sendiri untuk membedakan apakah anda mengalami keputihan yang wajar (normal) atau keputihan anda tergolong yang tidak normal.

Jika keputihan anda berarna bening atau sedikit crem, tidak menyebabkan rasa gatal terutama pada area organ kewanitaan anda, dan juga tidak memiliki warna seperti kekuningan, kehijauan, kecoklatan, dan tidak berlebihan maka hal tersebut merupakan normal sehingga tidak memerlukan pengobatan. Untuk mengetahui bahwa keputihan anda merupakan keputihan yang tidak normal jika gejala tersebut di atas muncul. Untuk mengatasinya anda bisa menggunakan cara yang alami untuk menghindari efek samping dari pada obat kimiawi.

Pengobatan Keputihan dengan Cara Terdahulu

Sejak zaman dahulu, nenek moyang kita telah menemukan khasiat dari berbagai macam tumbuhan di sekitar kita. Sehingga mereka telah pandai meracik obat atau pengobatan secara alami tanpa menggunakan obat-obatan sebagaimana pengobatan medis. Berikut beberapa cara pengobatan tradisional yang bisa anda gunakan untuk mengatasi masalah keputihan anda.

  1. Dengan memanfaatkan daun sirih. Daun sirih telah dikenal mengandung antibakteri atau antibiotik sehingga dipercaya bisa membasmi gangguan-gangguan pada tubuh yang disebabkan oleh bakteri. Keputihan juga terkadang disebabkan oleh adanya aktivitas bakteri yang dapat mengganggu kondisi normal dari lendir serviks, sehingga menimbulkan keputihan yang tidak normal. Cara penggunaannya adalah dengan merebus sebanyak 10 lembar daun sirih yang sudah tua dan dicuci bersih hingga mendidih. Kemudian diamkan beberapa menit hingga terasa hangat-hangat kuku. Dan gunakan sebagai cebok atau untuk pembasuh bagian organ kewanitaan anda dengan catatan jangan lakukan hal ini setiap hari.
  2. Gunakan rebusan daun pandan. Daun pandan selain aromanya yang harum juga memiliki kandungan yang mampu membasmi bakteri dalam tubuh meskipun tidak sebanyak kandungan pada daun sirih. Daun pandan cocok digunakan terutama jika keputihan anda bau. Minumlah rebusan daun pandan selagi hangat.
  3. Lidah buaya memiliki kandungan vitamin C dan vitamin E merupakan antioksidan alami. Lidah buaya juga  memiliki kandungan antiseptik, antijamur, antibakteri dan antivirus. Itulah sebabnya, lidah buaya pun sangat bagus digunakan untuk mengatasi keputihan secara alami. dengan mengambil bagian dalam daging lidah buaya kemudian potong-potong dan blender, rebus  bersama dua gelas air dengan  lima lembar daun sambiloto , tunggu hingga hangat dan gunakan untuk membasuh vagina , bisa dilakukan dua kali sehari.