Cara Penyembuhan Keputihan

Posted on

Diluar fungsi normal dari organ reproduksi wanita, keputihanmenjadi salah satu tanda atau gejala akan adanya kelainan pada organ reproduksi wanita. Kelainan tersebut bisa berupa polip leher rahim, keganan berupa tumor atau kanker, atau karena adanya benda asing yang terdapat pada organ reproduksi sehingga mengganggu fungsi yang sebenarnya. Akan tetapi, tidak semua infeksi pada saluran organ reproduksi wanita akan selalu memberikan gejala keputihan. Keputihan juga bisa disebabkan oleh adanya jamur kandida albicans. Gejalanya adalah keputihan berwarna putih seperti susu, biasanya bergumpal seperti susu basi yang disertai rasa gatal dan muncul warna kemerahan pada organ vital wanita dan di sekitarnya.

Penyembuhan keputihan dilakukan berdasarkan munculnya gejala keputihan. Keputihan digolongkan menjadi dua, yaitu keputihan yanag normal dan keputihan tidak normal. Ad apun cirri keputihan yang normal adalah berupa cairan atau lender berwarna bening terkadang agak crem, tidak terlalu banyak, tidak menimbukan bau yang tak sedap, tidak menyebabkan rasa gatal pada kelamin dan area sekitarnya, dan tidak berwarna. Dan adapun ciri-ciri keputihan yang tidak normal adalah munculnya keputihan yang berlebihan dan terus menerus, berwarna kekuningan, kehijauan, kecoklatan atau bercampur darah berwarna kemerahan, menimbulkan bau yang tidak sedap, terkadang menyebabkan rasa gatal pada kelamin wanita dan area sekitarnya serta menimbulkan warna kemerahan akibat iritasi atau kerusakan pada kulit area kelamin.

Menjaga Kesehatan Organ Intim untuk Menghilangkan Keputihan

Tidak semua penyembuhan harus menggunakan obat-obatan. Jika terpaksa anda memang terkadang harus mengkonsumsi obat untuk menyembuhkan penyakit anda. keputihan bisa dihilangkan tanpa menggunakan obat. Beberapa hal yang perlu anda lakukan untuk bisa menghilangkan keputihan anda adalah sebagai berikut:

  1. Ketika anda mengalami menstruasi sebaiknya gunakan pembalut yang cocok. Pembalut merupakan salah satu cara yang sederhana yang digunakan oleh wanita pada saat menstruasi untuk membantu menyerap darah agar tidak merembes keluar. Sebaiknya pilihlah pembalut yang menggunakan bahan yang lebih berkwalitas dan mengandung kandungan herbal. Sebab jika anda salah dalam memilih pembalut akan bisa menimbulkan masalah keputihan. Dan yang paling penting dalam penggunaan pembalut sebaiknya anda gunakan 3-4 jam saja dan segera ganti kembali yang baru, terutama bagi wanita yang mengeluarkan darah lebih banyak pada saat menstruasi.
  2. Lakukan secara tepat pada saat membersihkan organ vital. Sebaiknya membasuh vagina dilakukan dari depan ke belakang supaya kotoran pada anus tidak mengarah ke depan sehingga bisa saja membawa bakteri dari anus ke vagina. Atau setidaknya jangan menyentuh vagina setelah menyentuh bagian anus.
  3. Gunakan air yang bersih untuk membasuh organ kewanitaan anda. Seringkali kita bepergian dan mengharuskan untuk membuang air kecil di tempat umum. Nah, sering kita perhatikan pada toilet-toilet umum sangat banyak kurang dijaga kebersihannya. Oleh sebab itu, sebaiknya anda gunakan air yang mengalir langsung dari krannya, jika bisa hindari untuk menggunakan air yang tertampung pada bak mandi atau penampungan air lainnya.
  4. Salah satu tumbuhan alami yang sangat manjur sebagai antibiotic adalah daun sirih. Daun sirih telah banyak digunakan pada produk-produk pembersih, khususnya untuk pembersih organ kewanitaan. Daun sirih memang sejak lama telah dikenal bisa untuk menghilangkan keputihan. Anda bisa menggunakan rebusan daun sirih yang telah mendidihkan dan diamkan hingga menjadi hangat lalu gunakan untuk membasuh organ vital anda.
  5. Gunakan alat mandi secara pribadi dan jangan berganti-gantian.