Cara Menghindari Keputihan pada Wanita

Posted on

Menghindari keputihan merupakan langkah awal yang tepat dalam mengatasi masalah keputihan. Anda bisa mencegah terjadinya keputihan yang mengganggu anda dengan cara berusaha untuk menghindarinya. Keputihan memang bukan merupakan penyakit. Keputihan merupakan masalah yang biasa terjadi pada wanita dan hampir semua wanita pada usia reproduktif akan mengalami masalah keputihan. Keputihan, bisa terjadi oleh sebab beberapa hal. Dan yang paling umum terjadi adalah karena bakteri jamur atau virus. Kebersihan organ vital sangat mempengaruhi terhadap terjadinya keputihan. Semakin rajin dan tepat dalam melakukan perawatan terhadap organ vital, maka kemungkionan terjadi keputihan juga semakin kecil. Namun, beberapa jenis keputihan normal memang tidak bisa dihindari karena memang fungsi alami tubuh.

Beberapa penyebab keputihan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Jamur candidas. Keputihan yang terjadi akibat jamur candidas ini biasanya berwarna putih seperti susu, kental, berbau agak menyengat yang terkadang juga disertai rasa gatal pada area organ vital. Sehingga menyebabkan sekitar vagina menjadi berwarna kemerahan dan meradang. Adapaun bebeapa hal yang dapat memicu munculnya jamur candidas ini adalah terjadi pada kehamilan, penyakit kencing manis, dan pemakaian pil KB.
  • Parasit trichomonas vaginalis. Keputihan yang disebabkan oleh parasit ini biasanya ditularkan melalui hubungan intim, perlengkapan mandi, dan bibir closet, terutama closet duduk. Cirri-cirinya adalah cairan keputihan sangat kental, berbuih, berwarna kekuningan atau kehijauan dan berbau anyir. Keputihan akibat parasit ini tidak menyebabkaan rasa gatal, tetapi vagina akan terasa nyeri jika ditekan.
  • Bakteri gardnella. Keputihan akibat adanya infeksi ini dapat menyebabkan rasa gatal dan sangat mengganggu. Cairan lender berwarna agak keabu-abuan, berbuih, dan berbau amis.
  • Keputihan juga bisa ditimbulkan akibat serangan virus. Keputihan akibat virus ini seringkali ditimbulkan akibat penyakit kelamin seperti herpes, HIV/AIDS, dan keganasan lainnya. Terkadang cairan atau lender yang keluar dari vagina akan terasa panas atau terbakar, sehingga menyebabkan vagina menjadi seperti melepuh.

Cara untuk menghindari keputihan pada wanita

Untuk menjaga agar anda tidak mengalami keputihan, maka anda harus melakukan pencegahan dini atau sejak awal untuk menghindari kemungkinan terjadinya keputihan. Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini untuk menghindarinya:

  1. Sangat penting melakukan diet yang baik, dalam artian anda perlu mengontrol jenis makanan dan minuman yang harus anda konsumsi. Sangat baik anda mengkonsumsi makanan sehat yang diperlukan oleh tubuh anda saja. Makanan sehat tersebut sudah cukup dengan mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna. Konsumsi minuman air putih dengan cukup yaitu kurang lebih 2 liter atau kurang lebih 8 gelas dalam sehari.
  2. Lakukan olahraga ringan pada pagi hari untuk menghirup udara segar dan mengolah fisik agar tetap bugar dan sehat.
  3. Hindari aktifitas yang berlebihan dan fikiran yang sangat membebani anda.
  4. Jaga dan lakukan perawatan yang tepat pada organ kewanitaan anda dengan baik.
  5. Rajin-rajinlah berkonsultasi atau sharing dengan teman-teman wanita anda agar memperoleh informasi lebih banyak tentang menjaga organ vital yang benar.
  6. Jangan gunakan pembersih atau pewangi pada organ intim anda untuk menghindari timbulnya jamur dan bakteri. Karena bakteri atau jamur akan lebih senang berkembang jika terdapat tumpukan taburan bedak atau lembab yang terdapat pada area alat vital anda.
  7. Sebaiknya lakukan perawatan hingga anda bebas dari kelembapan yang berlebihan dan terasa nyaman.
  8. Gunakan produk herbal untuk menjaga vitalitas kesehatan anda.