Cara Menghilangkan Keputihan Gatal

Posted on

Menghilangkan keputihan memang bukan hal yang mudah, namun anda bisa mengatasinya tanpa kesulitan jika anda termasuk orang yang ulet. Siapapun yang mengalami keputihan, pasti merasakan ketidaknyamanan atau merasa terganggu. Namun, apakah keputihan tersebut akan hilang begitu saja tanpa anda melakukan suatu cara untuk menghilangkannya? Meskipun keputihan biasa bukanlah suatu penyakit, tetapi jangan sekali-kali meremehkan masalah keputihan tersebut. Keputihan yang normal akan berpotensi menjadi keputihan yang tidak normal, jika anda meremehkan kehadirannya.

Jika keputihan anda terjadi pada saat masa subur atau pada saat menjelang atau di akhir masa menstruasi anda, maka anda tidak perlu mencari cara untuk menghilangkannya. Karena keputihan tersebut akan dengan sendirinya menghilang dalam waktu yang relative singkat. Namun, anda tetap perlu menjaga kebersihan dan kenyamanan area sekitar organ keanitaan anda. Keputihan biasanya juga muncul ketika fisik anda terlalu lelah atau setelah melakukan pekerjaan berat. Jika hal tersebut terjadi, maka anda perlu menyeimbangkan fisik dengan istirahat dan sebaiknya berolahraga pagi untuk menyegarkan organ-organ tubuh anda.

Anda Perlu Waspada jika Keputihan Gatal

Jika, anda mengalami keputihan di luar waktu-waktu tersebut, maka sudah sepatutnya anda mulai waspada. Namun bukan berarti anda harus cemas atau khawatir dengan keadaan anda. anda cukup waspada dalam artian jangan membiarkan hal tersebut tanpa berusaha menghilangkannya. Anda sebaiknya melakukan pencegahan sebaik mungkin agar keputihan tersebut tidak terus menerus berlanjut. Jika keputihan normal tersebut anda biarkan, maka akan berpotensi menjadi tidak normal yang salah satu tandanya adalah keputihan tersebut bisa menimbulkan rasa gatal terutama pada area organ genital atau tempat keluarnya lendir keputihan, yaitu area vagina.

Bagaimana cara untuk menghilangkan keputihan yang menimbulkan rasa gatal? Tentu saja, cara penanganannya harus lebih giat dari apa yang anda lakukan selama pencegahan. Keputihan yang menimbulkan rasa gatal tersebut menandakan adanya kuman yang terdapat pada lender keputihan tersebut. Oleh sebab itu, anda harus menjaga dan merawat organ keanitaan anda dengan lebih baik dan lebih keras lagi. Sebab jika tidak, maka kuman tersebut akan semakin cepat dan senang untuk berkembang di area sensitive kewanitaan karena sifatnya yang lembab memudahkan bakteri atau kuman untuk cepat berkembang.

Hal pertama yang perlu anda lakukan ketika mengalami keputihan gatal adalah berkonsultasi dengan dokter setempat. Mungkin untuk penanganan awal anda perlu mengkonsumsi obat antibiotic untuk menghindari terjadinya infeksi. Sebaiknya anda minum obat antibiotic sampai habis, di samping harus selalu menjaga area kewanitaan anda selalu nyaman. Jika, hal tersebut belum juga mengurangi keluhan keputihan tersebut, anda bisa menggunakan ramuan tradisional sesuai dosis pemakaiannya. Jika ragu, sebaiknya anda lebih banyak bertanya kepada orang-orang sekitar anda yang pernah mengalami hal yang sama dalam menanganinya. Mengapa anda perlu berhati-hati meskipun menggunakan ramuan tradisional? Hal tersebut dikarenakan, kandungan pada herbal memang secara umum tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh, sebab efek sampingnya yang aman bagi tubuh.

Namun, perlu anda ingat bahwa organ genital wanita merupakan bagian tubuh yang sangat perlu dijaga bukan hanya yang tampak saja. Tetapi terdapat hormone-hormon, sel-sel, dan bakteri baik yang tetap harus dijaga. Herbal yang mengandung antibakteri terlalu kuat bisa mematikan semua bakteri yang ada dalam vagina, termasuk bakteri baik yang berfungsi dalam menjaga pH vagina agar selalu dalam kondisi normal. Jika bakteri baik dalam vagina mati, maka tidak ada lagi penyeimbang pH, sehingga akan lebih mudah bagi kuman atau virus dalam menyerang organ vital wanita. Oleh sebab itulah, sebaiknya anda jangan tanggung-tanggung dalam menggunakan suatu produk untuk menjaga kesehatan organ kewanitaan anda, sebab sangat berpengaruh juga terhadap kesehatan organ reproduksi anda.