Cara Menghilangkan Keputihan dan Bau Tidak Sedap

Posted on

Bau tidak sedap yang timbul dari keputihan merupakan salah satu tanda adanya gangguan atau penyakit dalam tubuh anda, khususnya adalah pada area organ genital dan organ reproduksi. Bau tidak sedap sangat mengganggu anda juga orang-orang di sekitar anda, terutama pasangan anda tentunya. Anda perlu waspada ketika mengalami keputihan dengan bau yang menyengat atau bau busuk. Hal ini bukan hanya karena orang-orang atau pasangan anda akan semakin risih dengan anda, tetapi yang lebih dikhawatirkan adalah akan adanya suatu penyakit yang mengganggu organ-organ terpenting bagi wanita. Terlebih jika anda belum memiliki keturunan.

Berkonsultasilah dengan dokter anda, tentang apa yang anda alami. Biasanya dokter akan memberikan obat antibiotic dan obat anti jamur. Sebaiknya anda minum hingga tuntas. Makanan dan minuman atau segala yang anda konsumsi perlu dikontrol kandungan gizinya. Dan upayakan kurangi makanan ataupun minuman yang tidak dibutuhkan oleh tubuh, seperti cemilan atau gorengan yang biasa dikonsumsi di sembarang waktu. Sebisa mungkin lakukan olahraga pagi untuk menyegarkan tubuh dan menghirup udara segar untuk memperoleh tubuh yang bugar dan sehat.

Berbagai macam bau yang tidak sedap ditimbulkan oleh lender keputihan diantaranya adalah berbau amis yang menyengat, berbau seperti telur busuk, berbau asam menyengat, yang semuanya sangat tidak nyaman ketika indra penciuman kita sampai menghirupnya. Keputihan yang berbau biasanya mengindikasikan atau menginformasikan bahwa terjadi peradangan atau infeksi pada organ dalam anda. oleh sebab itu sebaiknya anda melakukan pemeriksaan kepada dokter ahli kebidanan supaya dilakukan pap smear maupun tes laboratorium lainnya agar ditemukan sumber masalahnya. Karena ini merupakan masalah yang sangat sensitive, yaitu berkaitan dengan organ reproduksi anita, sehingga perlu kehati-hatian dalam melakukan pengobatan agar tidak terjadi kesalahan dalam pengobatan maupun perawatannya.

Apa yang Perlu Anda Lakukan?

Bau yang tidak sedap yang muncul dari dalam tubuh kita juga bisa dipengaruhi oleh kebiasaan yang tanpa anda sadari bahwa hal tersebut sebenarnya tidak baik bagi tubuh anda. Berikut beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan keputihan dan bau yang tidak sedap:

  • Hindari makanan yang berminyak atau terlalu banyak mengandung lemak, dan kurangi makanan yang manis manis.
  • Minum air putih yang cukup, yaitu kurang lebih sebanyak 2 liter per hari atau delapan gelas. Jangan ganti air minum anda dengan minuman berkarbonasi, minuman yang manis maupun minuman-minuman lain yang mengandung bahan campuran yang kurang bermanfaat.
  • Lebih sering mengganti pakaian dalam anda, baik celana dalam, pantiliner maupun pembalut saat anda menggunakannya.
  • Gunakan pakaian luar yang longgar, seperti celana kain yang longgar atau rok. Tidak disarankan untuk menggunakan celana jins apalagi yang ketat, karena memili pori yang sangat kecil dan bisa menekan area pada anda sehingga aliran darah pada paha dan sekitarnya menjadi kurang lancer.
  • Konsumsi makanan yang bisa membantu menghilangkan bau pada tubuh anda, biasanya yang memiliki aroma yang harum namun alami tanpa diberikan pengharum apapun. Seperti kemangi, pandan dan daun beluntas. Anda bisa menggunakan daun kemangi dan daun beluntas sebagai lalapan, atau meminum rebusan daun pandan yang telah dibersihkan terlebih dahulu.
  • Anda juga bisa menggunakan rebusan daun sirih sebagai campuran untuk air mandi anda, atau untuk cebok, namun jangan lakukan tiap hari. Lakukan 2 atau 3 kali saja dalam satu minggu.