Cara Mengatasi Keputihan Wanita

Posted on

Hampir semua wanita mengalami keputihan. Hal ini wajar saja terjadi, sebab secara fisiologis atau fungsi normal tubuh, maka hormone yang dihasilkan tubuh wanita ketika menginjak usia remaja secara alami akan menyebabkan produksi lender pada serviks atau leher rahim. Hal ini secara fungsinya adalah melindungi organ dalam dari organ reproduksi wanita dari gangguan-gangguan bakteri atau virus yang dapat menyebabkan suatu penyakit atau keganasan yang harus dihindari oleh semua wanita. Karena tak ada satu pun dari para wanita yang menginginkan akan adanya penyakit atau gangguan pada tubuhnya, terutama pada organ reproduksinya.

Meskipun keputihan bukanlah merupakan suatu penyakit, tetapi anda tidak boleh meremehkannya. Anda perlu tetap merawat area tersebut sebaik mungkin sehingga anda benar-benar terhindar dari keputihan yang dapat mengganggu. Mungkin memang tak ada yang perlu dirisaukan saat muncul keputihan pada waktu anda tengah berada pada masa subur, saat kelelahan atau setelah beraktivitas berat, atau saat akan dan setelah menstruasi. Hal ini sangat wajar terjadi dan memang alaminya terjadi. Factor psikologi juga dapat mempengaruhi timbulnya keputihan. Anda perlu mengistirahatkan tubuh dan fikiran anda saat merasa anda terlalu berfikir keras atau pekerjaan anda sangat melelahkan.

Mengatasi keputihan tanpa obat dan dengan obat

Keoutihan bisa anda atasi dengan menggunakan obat, dan bisa juga anda atasi tanpa harus menggunakan obat. Berikut penjelasan mengenai keduanya.

  1. Tanpa Obat. Anda bisa mengatasi keputihan anda tanpa menggunakan obat, seperti ketika anda memeriksakan diri ke dokter. Anda bisa melakukan dengan cara, menjaga daerah genital agar tetap bersih dan higienis, kemudian hindari mandi / berendam pada kolam umum, sebab kita tidak mengetahui siapa saja yang telah bersentuhan dengan kolam tersebut, adakah yang memiliki penyakit keputihan yang dapat menular atau tidak, sehingga lebih baik kita perlu berhati-hati dan mencegahnya. Sebaiknya anda gunakan celana dalam dari bahan katun, yang mudah menyerap keringat dan tidak menggunakan celana dalam yang ketat juga celana jins tidak dianjurkan untuk anda gunakan. Selain itu anda tetap meluangkan waktu bagi tubuh anda untuk bekerja sesuai kapasitas kemampuan anda dan istirahatlah ketika tubuh anda merasa lelah. Perlu juga anda ingat bahwa keputihan bisa timbul akibat stress. Untuk itu, anda perlu mengurangi stress atau beban fikiran yang berlebihan.
  2. Dengan obat. Jika anda mendapatkan keputihan anda mulai meresahkan, misalnya terlalu banyak, menimbulkan gatal, berbau atau berwarna, sebaiknya anda tidak boleh tinggal diam. Segera konsultasikanlah dengan dokter karena dokter akan melakukan pemeriksaan untuk mendeteksi penyebab keputihan anda dan memberikan obat-obatan yang sesuai dengan penyebab keputihan yang dialami.  Bila setelah pengobatan dari dokter (pada umumnya dengan obat antibiotik dan obat anti jamur) keputihan tidak juga sembuh, maka sebaiknya dicek kembali. Keputihan yang terus menerus dapat disebabkan karena ada nya penyakit serius seperti kanker leher rahim. Ini biasanya ditandai dengan cairan banyak, bau busuk, sering disertai darah tak segar.

Perawatan terbaik setelah terjadinya keputihan yang tidak normal tentu memerlukan obat untuk mengatasinya. Jika anda telah berobat, namun juga belum sembuh sebaiknya anda jangan putus asa, dan gunakanlah pembersih herbal yang telah terbukti aman, dan tanyakan pada teman-teman anda supaya anda tidak ragu dan carilah yang memang benar-benar tidak berbahaya bagi kesehatan area kewanitaan anda.