Cara Mengatasi Keputihan Berlebihan

Posted on

Ketika wanita mengalami masalahkeputihan, maka harus segera mencari solusi untuk mengatasi atau melakukan upaya-upaya untuk pencegahan. Pencegahan dapat dilakukan sebelum maupun setelah keputihan terjadi. Jika, anda sedang mengalami keputihan, maka pencegahan dilakukan dengan maksud mengurangi atau menghindari terjadinya keputihan yang tidak normal. Pada saat anda mengalami keputihan, maka anda sudah pasti merasa tidak nyaman dengan keadaan tersebut. Terlebih lagi jika keputihan yang keluar dari vagina anda ternyata jumlahnya lebih banyak atau keputihan yang berlebihan.

Ketika lendir keputihan keluar dalam jumlah yang banyak, maka rasa tidak nyaman yang andarasakan tentu saja mengalami peningkatan. Meskipun tidak berwarna lain, tidak menimbulkan bau yang tak sedap dan juga tidak menyebabkan rasa gatal pada area vital anda, sebaiknya anda tidak membiarkannya. Semakin banyak keputihan anda, maka semakin sering lembab area vital anda yang tentu saja jika dibiarkan akan memudahkan bagi bakteri untuk berkembang. Oleh sebab itu, sebaiknya anda segera mengatasi keputihan anda saat berlebih.

Mengatasi Keputihan yang Terlalu Banyak

Dalam usaha mengatasi masalah keputihan, anda perlu memperhatikan hal-hal terkecil dari kebiasaan anda sehari-hari. Anda bisa lakukan beberapa hal berikut ini untuk mengatasi masalah keputihan yang berlebihan:

  • Konsumsi air putih dengan cukup dan secara teratur. Air putih sangat baik untuk menjaga organ tubuh agar tetap segar dan mampu melakukan fungsi masing-masing organ dengan baik.
  • Kurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak terlalu banyak dan juga makanan atau minuman yang terlalu manis atau yang mengandung pemanis buatan. Selain itu,makanan yang mengandung banyak air juga perlu anda kurangi atau jika keputihan anda sangat banyak sebaiknya untuk sementara perlu anda hindari.
  • Gunakan antiseptik alami seperti menggunakan daun sirih untuk penanganan sendiri. Rebusan daun sirih sudah cukup dipercaya dapat mengobati keputihan. Cukup anda gunakan rebusan daun sirih yang telah hangat-hangat kuku untuk membasuh organ kewanitaan anda.
  • Hindari menggunakan produk sabun pembersih organ kewanitaan yang mudah anda jumpai di pasar-pasar karena dikhawatirkan pembersih tersebut tidak mampu mengatasi dengan baik. Sebaiknya teliti terlebih dahulu sebelum akan menggunakannya. Pastikan produk yang anda pilih adalah bahan-bahan alami yang aman dan tidak mengganggu keasaman alami atau pH pada vagina. Vagina secara alami telah mengatur pH atau keasaman yang sesuai untuk menjaga kesehatan organ vital bagi wanita.
  • Hal yang tidak boleh anda lupakan adalah untuk selalu menjaga kenyamanan organ vital anda. Salah satunya adalah dengan cara menjaga area organ vital anda agar tidak selalu lembab, yaitu mengganti celana dalam ketika anda merasakan lembab atau basah. Ketika anda bepergian sebaiknya menggunakan pantyliner atau membawa celana dalam ganti. Jangan lupa untuk mengelap terlebih dahulu organ vital anda sebelum menggunakan celana, agar saat digunakan, celana anda benar-benar dalam kondisi kering.
  • Gunakan air bersih saat anda cebok setelah buang air besar atau buang air kecil. Saat di tempat umum, biasanya kebersihan air dan bak mandi kurang diperhatikan. Air yang bersih, jika tertampung di bak yang kotor, maka bisa mencemari air tersebut.
  • Jangan anda rahasiakan sendiri atas keputihan yang anda alami. Sebaiknya anda perlu bertukar pengalaman dan berkonsultasi kepada teman anda yang pernah mengalaminya. Usahakan selalu mencari informasi mengenai cara untuk mengatasi masalah keputihan, dan jika keputihan anda mengkhawatirkan, maka jangan segan-segan untuk segera berkonsultasi langsung dengan dokter anda.