Cara-Cara Mengatasi Keputihan

Posted on

Keputihan kerap dianggap sebagai masalah kewanitaan yang biasa-biasa saja dan sering dialami oleh wanita. Jika memperhatikan keputihan terjadi ketika merasa lelah atau stress. Keputihan dapat dianggap sebagai salah satu alarm atau tanda pada tubuh, terutama untuk masalah pada organ reproduksi wanita. Jika anda melihat keputihan anda tidak berupa lender yang berwarna bening, sebaiknya segera koreksi kembali gaya hidup kita. Sudahkah kita menjaga personal hygiene kebersihan diri) kita selama ini, dan genital hygiene (kebersihan organ kewanitaan). Keputihan biasanya terjadi sebagai peringatan dini dari akan adanya berbagai gangguan-gangguan atau kelainan pada organ reproduksi wanita.

Adapun keputihan digolongkan menjadi dua yaitu keputihan fisiologis atau keputihan normal, dan keputihan patologis atau keputihan yang tidak normal. Jika terjadi keputihan yang tidak normal, sudah merupakan adanya tanda terjadi gangguan atau kelainan pada organ reproduksi anda. beberapa tanda-tanda keputihan normal adalah cairan berwarna bening atau sedikit agak cream, tidak menimbulkan bau tak sedap, tidak menimbulkan rasa gatal atau warna kemerahan pada area sekitar organ kewanitaan. Sedangkan pada kasus keputihan tidak normal ditandai dengan keluarnya cairan atau lender yang berwarna kekuningan, kehijauan, atau kecoklatan, terkadang menimbulkan bau yang tak sedap, terasa gatal dan terkadang menimbulkan warna kemerahan pada area organ kewanitaan.

Jangan Abaikan Kebersihan dan Perawatan

Cara mengatasi keputihan dilakukan dengan cara melakukan pencegahan dan perawatan yang tepat. beerapa hal yang harus anda lakukan untuk melakukan pencegahan pada keputihan adalah sebagai berikut:

  • Menjaga kelembapan organ kewanitaan dengan selalu menjaga agar dalam kondisi kering dan nyaman.
  • Membersihkan organ vital dengan tepat
  • Memakai pembalut yang cocok pada saat menstruasi
  • Menggunakan alat mandi secara pribadi dan tidak meminjam atau bergantian
  • Menghindari penggunaan pembersih kewanitaan yang mengandung parfum atau sejenisnya seperti bedak atau tissue yang berbau harum.
  • Slalu gunakan air bersih untuk membasuh organ kewanitaan.

Konsultasikanlah dengan dokter karena dokter akan memberikan obat-obatan sesuai dengan penyebab keputihan yang dialami.  Bila setelah pengobatan dari dokter (umumnya dengan antibiotik dan anti jamur) keputihan tidak juga sembuh, maka sebaiknya dicek kembali. Keputihan yang terus menerus dapat disebabkan karena ada nya penyakit serius seperti kanker leher rahim. Ini biasanya ditandai dengan cairan banyak, bau busuk, sering disertai darah tak segar. Adapun untuk mengatasi keputihan, sebaiknya lakukan kebiasaan diatas dalam perawatannya. Kemudian, anda bisa menggunakan cara alami untuk mengatasi keputihan anda, yaitu dengan cara sebagai berikut:

  1. Akar bayam memiliki sifat antibakteri yang membantu dalam mengobati infeksi. Senyawa pada akar bayam bermanfaat membantu dalam penyembuhan organ reproduksi. Minum dua kali sehari, pagi dan sore untuk hasil yang lebih baik. Daun bayam dan cabang-cabangnya juga dapat ditambahkan ke dalam air mendidih pada saat pembuatan.
  2. Biji ketumbar adalah obat rumah yang sangat bermanfaat bagi keputihan. Rendam benih dalam air semalam. Saring dan minum air ini keesokan harinya pada saat perut kosong. Hal ini dapat dilakukan untuk setidaknya satu minggu untuk hasil yang lebih baik.
  3. Gunakan rebusan daun sirih untuk membasuh vagina anda. namun, jangan gunakan tiap hari karena kandungan antibakterinya dapat mematikan bakteri baik dalam vagina yang juga berperan penting dalam menjaga kesehatan vagina.
  4. Gunakan pembersih vagina yang terbuat dari herbal yang terbukti aman, sehingga menghindari dari kemungkinan kesalahan dalam penggunaan pembersih vagina.

Secara umum jika dibandingkan dengan laki-laki, maka masalah wanita akan lebih banyak ditemukan daripada permasalahan pada laki-laki. Untuk khusus bagian organ reproduksi saja, lebih banyak ditemukan penyakit atau gangguan-gangguan dan permasalahan pada wanita dibandingkan dengan permasalahan organ reproduksi pada laki-laki. Karena memang secara anatomi, organ reproduksiwanita lebih banyak bagiannya dari pada organ reproduksi laki-laki. Sehingga wajar saja jika memang lebih banyak ditemui masalah pada wanita. Salah satu macam gangguan yang kerap kali dan hampir dialami oleh tiap wanita adalah masalah keputihan. Masalah keputihan ini memang masalah yang ringan dan mudah diatasi asalkan tiap wanita tahu cara mengatasi keputihan.

Ada beberapa macam cara yang dapat dilakukan oleh tiap wanita untuk menjaga kesehatan organ kewanitaannya. Cara-cara tersebut bisa dilakukan sesuai dengan keadaan masalah yang dialaminya. Pada masalah keputihan, memang bisa dilakukan dengan cara yang alami dan bisa juga dilakukan secara medis. Namun, untuk masalah yang memang tergolong privasi karena berkaitan dengan organ intim,maka kebanyakaan dari kita masih suka dengan pengobatan secara alami atau pengobatan yang bisa dilakukan sendiri. Tetapi pada kondisi tertentu memang ada kalanya kita harus melakukan pengobatan secara medis atau harus berkonsultasi dan memeriksakan diri kepada dokter ahli ketika kondisi permasalahan kita sudah tidak normal.

Beberapa macam pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah keputihan adalah sebagai berikut:

1. Pengobatan medis
Pengobatan secara medis penting dilakukan ketika anda mengalami keputihan yang tidak normal. Keputihan yang tidak normal biasa ditandai dengan warna keputihan yang kekuningan,kehijauan,keabu-abuan, kecoklatan,atau kemerahan yang bercampur darah. Dari aromanya, keputihan tidak normal jika keputihan tersebut menimbulkan bau yang tak sedap, biasanya berbau amis yang menyengat dan berbau busuk. Selain dari warna dan bau, keputihan tidak normal bisa juga ditandai dengan timbulnya rasa gatal, khususnya pada area organ intim. Terkadang menimbulkan warna kemerahan akibat peradangan pada kulit di area organ intim. Untuk kasus keputihan tersebut memang seharusnya anda berkonsultasi dengan dokter ahli kandungan untuk menentukan dan menemukan sumber permasalahan yang menimbulkan masalah keputihan tersebut. hal tersebut juga dimaksudkan agar lebih mudah dan dapat menentukan pengobatan yang tepat untuk mengatasi masalah keputihanyang terjadi.

2. Pengobatan Alami
Pengobatan secara alami merupakan cara pengobatan yang paling banyak dilakukan oleh tiap orang dalam mengatasi masalah keputihan. Terlebih lagi bahwa keputihan adalah menyangkut organ vital, sehingga tentu saja orangakanlebih nyaman ketika bisa mengatasinya sendiri. Pengobatan keputihan secara alami biasanya menggunakan bahan-bahan alami yang bisa diperoleh dari lingkungan sekitar seperti tanaman yang memang dipercaya untuk bisa mengatasi masalah keputihan dan diolah sendiri. Selain karena untuk menjaga privasi, pengobatan alami juga menjauhkan dari efek samping yang kurang baik bagi kesehatan tubuh dalam jangka panjang, yang dapat ditimbulkan oleh bahan kimiawi ketika harus mengkonsumsi obat dari dokter.

3. Pengobatan Herbal
Adapun pengobatan herbal ini biasa dilakuakan hampir sama dengan pengobatan alami. Pengobatan herbal biasa dipilih karena bebas dari efek samping dari bahan kimiawi yang tak diinginkan oleh para wanita. Obat herbal terbuat dari bahan-bahan alami atau herbal yang telah dikemas dalam bentuk kapsul atau sirup atau sebagainya dan disesuaikan penggunaannya sehingga akan lebih memudahkan bagi para penggunanya. Pengobatan herbal juga sangat digemari karena selain alami juga mudah melakukannya.