Bunda! Ini Dia Penyebab Anak Tidak Mau Makan

Posted on
imglan
OBAT CEPAT HAMIL TERBAIK! Lihat ➡

Banyak para orang tua yang pasti mengalami kejadian di mana anak pilih – pilih makanan atau bahkan tidak mau makan sama sekali. Kebanyakan kondisi ini terjadi pada anak usia balita hingga prasekolah. Anak yang tidak mau makan akan menyebabkan kita merasa khawatir, terlebih lagi berhubungan dengan nutrisi si kecil. Bagi mama yang memang mengalami hal tersebut, kenali beberapa penyebab anak tidak mau makan.

  • Tidak lapar

Sebenarnya, Anda tidak perlu khawatir jika memang anak mama tidak mau makan. Bisa jadi salah satu penyebab anak tidak mau makan memang karena tidak merasa lapar. Kemungkinan besar rasa tidak lapar ini terjadi karena memang anak masih kenyang, baru saja makan atau porsi sebelumnya terlalu banyak sehingga jam makan berikutnya dia masih kenyang.

Ini dia 100 Tips Cara Cepat Hamil yang dikaji mendalam. Khusus bagi Anda yang ingin segera memiliki momongan.
Maksimalkan Promil Anda Sekarang! » LIHAT DI SINI «

Oleh karena itu, bunda bisa sedikit belajar untuk memberikan porsi makan yang pas untuk si buah hati. Selain itu, menu yang diberikan juga harus seimbang. Ingat, hindari memberi makan anak terlalu banyak daging atau karbohidrat. Pasalnya, keduannya akan membuat si kecil kenyang terlalu lama. Sangat penting untuk memberikan gizi yang seimbang untuk si kecil, yakni dengan sayur dan buah lengkap. Dengan begitu, nutrisi yang dibutuhkan akan terpenuhi.

  • Terlalu banyak minum susu sebelumnya

Apabila anak Anda memang masih mengonsumsi susu formula, kemungkinan besar penyebab anak tidak mau makan karena sudah minum susu terlalu banyak sebelumnya. Terlebih lagi, susu memiliki sumber kalori dan cairan yang tinggi untuk si kecil. Dengan begitu, buah hati mama akan merasa kenyang lebih lama serta enggan untuk makan. Selain itu, terlalu banyak susu juga faktor anak bisa gumoh.

Oleh karena itu, bagi anak mama yang sudah memasuki usia makan namun masih mengonsumsi susu, alangkah baiknya mengurangi porsi susu tersebut. Selain itu, bunda juga bisa mengganti jam pemberian susu, misalnya sebelum tidur saja.

  • Sudah memiliki rasa kesukaan

Kebanyakan anak sudah bisa mengenal jenis rasa makanan. Dengan begitu, mereka bisa memilih mana makanan yang enak atau tidak menurut selera mereka. Bahkan buah hati Anda juga bisa memiliki rasa kesukaan. Hal inilah yang banyak membuat orang salah kaprah sehingga dianggap anak pilih – pilih makan dan manja. Bahkan hal ini menyebabkan banyak orang tua yang mengatasi rasa manja anak.

Sebenarnya cara tersebut tidak sepenuhnya benar untuk penyebab anak tidak mau makan. Alangkah baiknya, bunda memahami rasa favorite buah hati mama. Selain itu, jangan terlalu dipaksakan untuk mencoba makanan yang Anda sukai. Dengan begitu, mama akan bisa menyesuaikan rasa kesukaan buah hati dengan menu makanan mereka nantinya.

  • Asyik dengan permainannya

Saat bermain kebanyakan anak akan melupakan apa yang ada di sekitar mereka atau hal yang lainnya. Bahkan, mereka juga bisa melupakan rasa lapar mereka. Hal inilah juga yang menjadi penyebab anak tidak mau makan yang sering terjadi.

Oleh karena itu, apabila hal ini terjadi, maka sebagai orang tua sebaiknya Anda melatih mereka tentang managemen waktu. Di mana, mama bisa mengatur kapan waktunya mereka bermain dan kapan waktunya makan. Namun, bunda juga bisa membujuk anaknya untuk bermain kembali jika selesai makan. Dengan begitu, anak Anda akan belajar akan pentingnya hal lainnya dibandingkan bermain, yakni makan.

  • Cari perhatian

Pada usia tertentu, anak memang suka memberontak dan terkesan seperti melawan apa yang bunda minta. Oleh karena itu, sebagai orang tua, Anda juga harus mengerti bahwa anak yang cepat marah tersebut merupakan salah satu cara untuk mencari perhatian. Hal ini pula yang menjadi penyebab anak tidak mau makan. Memang pada usia saat ini, anak harus lebih banyak diperhatikan oleh orang tua. Dengan begitu, mereka akan lebih menurut dan tenang. Untuk menghadapinya memang dibutuhkan kesabaran.

Namun walaupun begitu, bukan berarti Anda harus memanjakan si buah hati. Sesekali sikap tegas mungkin diibutuhkan. Salah satunya adalah tegas saat anak mama tidak menghabiskan makanannya. Namun juga tidak terlalu menekan mereka atau membuatnya takut dan stress. Cukup dengan memberikan perhatian secara penuh pada anak. Bila perlu temani mereka ketika menyantap makanannya. Saat benar – benar bisa menghabiskan, berikan pujian yang bisa menyemangati mereka.

Penyebab Anak Tidak Mau Makan

Ini Dia Penyebab Anak Tidak Mau Makan

  • Sedang sakit

Penyebab anak tidak mau makan yang selanjutnya, kemungkinan besar adalah anak bunda sedang tidak enak badan atau sakit. Maka dari itu, coba perhatikan apakah ada masalah pada anak Anda. Terlebih lagi jika tidak seperti biasanya. Bahkan jika si buah hati tidak ingin makan apapun secara tiba – tiba. Apabila Anda paksakan maka anak bisa saja kehilangan nafsu makan dan menjadi stress.

Apabila hal ini terjadi, maka hal yang perlu dilakukan oleh mama adalah segera membawa anak ke dokter. Dengan begitu, akan mendapatkan penanganan lebih cepat. Selain itu, jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter. Kebanyakan dokter akan memberikan vitamin.

  • Bosan dengan menu makanan yang sama

Kemungkinan besar penyebab anak tidak mau makan adalah menu makanan yang Anda berikan. Di mana mereka merasa bosan dengan jenis sayur dan lauk yang sering diberikan. Banyak orang tua yang salah menganggap bahwa makanan wajib anak adalah nasi beserta lauk pauknya. Padahal untuk memenuhi nutrisi si kecil tidak hanya berasal dari nasi saja.

Ada banya makanan yang bisa menggantikan nasi. Misalnya saja, roti, jagung, kentang dan masih banyak lagi yang bisa menggantikan sumber karbohidrat. Dengan memahami hal ini, Anda bisa lebih bervariatif dalam memberikan si kecil menu makanan. Dengan begitu, mereka tidak akan cepat bosan dengan apa yang mereka konsumsi.

  • Terlalu sering ngemil

Kebiasaan ngemil merupakan hal wajar yang dilakukan oleh anak – anak. Di mana mereka memang suka makan makanan ringan di luar jam makan. Terlebih lagi, makanan ringan yang dikonsumsi memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi. Hal inilah yang bisa menjadi salah satu penyebab anak tidak mau makan.

Oleh karena itu, sebagai orang tua lebih baik membatasi makanan ringan atau camilan yang diberikan kepada si buah hati mama. Terlebih lagi beberapa camilan dengan kalori yang tinggi. Di mana camilan tersebut harus dihindari untuk menghindari obesitas. Selain itu, camilan dengan kandungan MSG tinggi juga tidak boleh banyak diberikan kepada anak – anak. Pasalnya, kandungan ini memang tidak baik untuk kesehatan anak – anak.

Demikian beberapa penyebab anak tidak mau makan yang perlu bunda ketahui. Dengan begitu, bunda tidak perlu khawatir lagi jika anak pilih – pilih makanan atau tidak makan sama sekali. Kenali saja penyebab. Selain itu, hal yang terpenting adalah jangan pernah menyerah untuk memberikan nutrisi dan gizi yang seimbang kepada si buah hati. Sehingga bisa tumbuh dan berkembang dengan sempurna.

  • Solusi untuk Anak yang Susah Makan

Selain dengan mengetahui penyebab anak tidak mau makan seperti yang sudah disebutkan dan bagaimana cara untuk mengatasinya diatas, bunda juga perlu memberikan tambahan suplemen untuk si kecil yang tidak mau makan. Laperma Platinum adalah suplemen nafsu makan anak yang bisa bunda berikan, Herbal ini tentu aman untuk dikonsumsi karena sudah memiliki BPOM (POM TR. 163-695-371) yang dalam proses memperoleh nomor izin tersebut adalah melalui berbagai macam pengujian dan tidak terkecuali adalah pengujian di meja laboratorium. Untuk info lebih lengkap Mengenai Laperma Platinum bisa di dapatkan www.agenlaperma.com, atau dengan berkonsultasi terlebih dahulu melalui nomor Whatsapp di 085299710101.

Tapi saya tak mau menyerah. Saya lakukan semua usaha dan cara. Akhirnya SAYA HAMIL. INI YANG SAYA LAKUKAN!. » LIHAT DI SINI «