Beberapa Suplemen Asam Folat untuk Calon Ibu Hamil

Posted on

Banyak pasangan yang sudah menikah namun belum diberikan keturunan dan pasangan suami istri tentunya mendambakan anak yang sehat, cerdas serta pertumbuhan dan perkembangannya berlangsung baik. Agar mendapatkan kandungan yang sehat seorang calon ibu harus mengkomsusmi suplemen yang bermanfaat bagi diri dan bakal janin nanti yang akan dikandungnya, seperti slogan yang sering kita dengar bahwa  Anak yang sehat berasal dari Ibu yang sehat.

Salah satu suplemen yang paling baik dikonsumsi bagi calon ibu hamil adalah suplemen asam folat. Tapi apa sih asam folat itu? Mengapa calon ibu dan ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsunsi makanan atau suplemen yang mengandung asam folat? Silakan baca artikel ini dengan seksama Bunda, semoga setelah mempraktekkan Bunda bisa segera berhasil dalam memenuhi keinginan untuk memiliki buah hati ya …

Suplemen Asam Folat Terbaik untuk Calon Ibu Hamil

Asam folat ini merupakan vitamin B yakni vitamin B9 yang berfungsi untuk membuat sel-sel baru yang sehat, dan asam folat ini sangat penting bagi ibu hamil atau ibu yang berencana untuk hamil. Hal ini disebabkan karna asam folat memiliki segudang manfaat bagi tubuh Bunda. Apa saja?

  • Asam Folat Membantu Pertumbuhan Sel dan Jaringan

Asam folat membantu pertumbuhan dan pembelahan sel dan jaringan pada janin dalam kandungan.

  • Membantu Mengurangi Risiko Cacat pada Bayi

Asam folat berperan dalam pembentukan DNA dan RNA, bahan genetik yang menentukan fungsi sel.

Pada ibu hamil, asam folat dapat mencegah janin dari risiko preeclamsia, bayi lahir prematur, dan juga mampu membantu mengurangi risiko cacat lahir hingga sekitar 50-70 persen. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan pertumbuhan sel yang tidak sempurna, sehingga bayi yang lahir dapat mengalami cacat tempurung kepala, dimana tempurung tidak terbentuk atau menutup dengan sempurna. Selain itu juga dapat menyebabkan cacat tabung saraf, bibir sumbing, kelianan jantung bawaan, dan juga mengakibatkan autisme.

  • Membantu Meningkatkan Kualitas Sel Darah Merah

Manfaat yang terkandung dalam asam folat memiliki peranan penting untuk semua kalangan usia, karena dapat meningkatkan kualitas sel darah merah sehingga mencegah anemia pada ibu hamil. Anemia pada ibu hamil ini harus diantasipasi karna dampaknya begitu berbahaya Bund. Dampak berbahaya akibat anemia, adalah sebagai berikut :

  1. Keguguguran ( Abortus )
  2. Kelahiran prematurs
  3. Persalinan yang lama akibat kelelahan otot rahim di dalam berkontraksi ( inersia utari )
  4. Perdarahan akibat tidak adanya kontraksi otot rahim ( atonia uteri )
  5. Syok
  6. Infeksi saat bersalin maupun pasca bersalin
  7. Hipoksia – Anemia yang berat yaitu  < 4 gram dapat menyebabkan dekompensasi kordis. Akibat anemia ini, dapat menyebabkan syok dan kematian pada ibu saat persalinan.
  • Membantu Memperkuat Sel Telur

Bagi wanita, asam folat dapat membantu memperkuat sel telur sehingga dapat meningkatkan peluang dan kesempatan untuk hamil.

  • Meningkatkan Kuantitas Sperma

Untuk pria, asam folat ini dapat meningkatkan kuantitas atau volume sperma. Jika volume sperma maksimal atau memenuhi jumlah yang ditentukan maka peluang untuk terjadinya pembuahan juga besar. Hal itu dikarenakan dibutuhkan ribuan sel sperma untuk bisa membuahi sel telur. Jumlah sperma yang sedikit bisa menghasilkan sel sperma yang sedikit pula sehingga pembuahan akan minim terjadi.

  • Peningkat Kualitas Sperma

Selain meningkatkan kuantitas sperma, asam folat juga bisa meningkatkan kualitas sperma.  Agar terjadi pembuahan atau kehamilan tidak hanya dibutuhkan sperma yang banyak saja tetapi juga dibutuhkan sperma yang berkualitas karna hanya sel sperma yang berkualitas yang bisa membuahi sel telur. Asam folat yang diminum oleh pihak pria juga memiliki manfaat untuk menurunkan jumlah sel sperma yang tidak normal sehingga pembuahan akan terjamin bahwa yang membuahi sel telur adalah sel sperma yang sempurna atau berkualitas.

  • Mengurangi Kecacatan Bayi

Cacat bayi sebenarnya lebih berhaya jika cacat itu dibawa sejak lahir atau cacat sejak janin didalam kandungan.  Oleh sebab itu diperlukan kandungan asam folat untuk bisa mencegah kecacatan tersebut. Karna asam folat dapat meningkatkan kualitas sel telur dan sel sperma itu sendiri. Sehingga diharapkan cacat bayi bisa dihindari.

  • Mencegah Down Sindrome

Karna asam folat dapat meningkatkan kualitas sel sperma maka penyakit yang berhubungan dengan kelainan kromosom pada bayi dapat dihindari.  Penyakit kelainan kromosom bisa menyebabkan janin yang ada di dalam kandungan mengalami penyakit baby down sindrome.

  • Perkembangan Syaraf Otak

Asam folat bermanfaat untuk mengembangkan syaraf pusat otak bayi. Selama dalam kandungan sel syaraf pusat bayi dari waktu ke waktu mengalami perkembangan. Jika tidak berkembang, janin yang ada di dalam kandungan rawan untuk terkena kecacatan otak. Bayi yang cacat otak akan mengalami kemampuan berfikir yang kurang. Tidak hanya itu saja, perkembangan syaraf pusat yang terganggu akan memungkinkan syaraf pada tubuh bayi lainnya akan mengalami gangguan pula misalnya syaraf penglihatan, pendengaran dan lain sebagainya.

  • Menghindarkan dari Penyakit Jantung

Asam folat bisa digunakan untuk menghindarkan dari penyakit jantung. Fungsi asam folat yang bisa digunakan untuk memproduksi sel darah merah bisa mencegah terjadinya penggumpalan darah yang ada di dalam tubuh manusia. Jika tubuh mengalami penggumpalan darah maka, aliran darah tidak bisa mengalir dengan sempurna begitupula dengan darah yang menuju ke jantung.

  • Menghindari Keguguran

Ovum atau sel telur yang berkualitas (kuat) tidak akan mudah terlepas dari dinding rahim. Dengan manfaat tersebut, terbukti mampu menghindarkan dari gugurnya sel telur dari dinding rahim. Sel telur itu akan menjadi embrio setelah dibuahi sel sperma dan berubah menjadi bakal janin. Embrio yang kekurangan asam folat  akan lemah dan tidak mampu kuat menempel pada dinding rahim sehingga embrio itu akan luruh dan terjadilah keguguran.

  • Mencerdaskan Anak

Jika asupan nutrisi ibu hamil terpenuhi maka pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan juga akan baik sehingga bisa melahirkan anak-anak yang cerdas. Asam folat yang dikonsumsi oleh ibu hamil bisa mencerdaskan janin yang ada di dalam kandungannya sebab asam folat itu mampu menjaga perkembangan otak janin sehingga otak janin terbetuk dengan sempurna, tidak hanya itu saja sel darah merah yang diproduksi oleh asam folat bisa membuat aliran darah manusia dan oksigen berjalan lancar terutama ketika menuju ke bagian otak janin. Kecerdasan dan kemampuan berfikir janin akan dipergaruhi oleh sel darah merah dan oksigen yang ada di kepalanya. Banyak fakta menunjukkan bahwa orang yang mengalami anemia dia akan sulit konsentrasi sebab di kepalanya kekurangan oksigen dan sel darah merah.

Berikut adalah macam-macam suplemen asam folat atau yang mengandung asam folat :

Beberapa Suplemen Asam Folat untuk Calon Ibu Hamil

  • Folavit. Folavit merupakan suplemen asam folat yang sering dikonsumsi oleh ibu dalam program hamil.
  • Folamil genio. Suplemen multivitamin & mineral mengandung DHA untuk nutrisi otak pada wanita dalam program hamil, wanita hamil & menyusui.
  • Vomilat. Vomilat mengandung vitamin B6 30 mg dan Asam Folat 400 mcg.
  • Nature’s plus folic acid hearts. Mengandung asam folat 400 mcg tiap tabletnya, berbentuk hati yang mudah ditelan. Dapat menjaga kesehatan lambung dan pembuluh darah, menjaga pencernaan, membentuk sel darah merah, dan sebagainya.
  • Anelat. Anelat merupakan suplemen vitamin yang di dalamnya terdapat kandungan asam folat
  • Armovit. Armovit juga merupakan vitamin yang di dalamnya terdapat kandungan asam folat

Asam folat merupakan suplemen yang larut dalam air sehingga jika mengkonsumsi asam folat yang berlebihan  tidak memiliki risiko yang berarti, karena zat. Namun, jika konsumsi asam folat terlalu berlebihan dapat menimbulkan efek seperti mual, kembung, gas, dan insomnia.  Sebaiknya semua wanita  mengkomsumsi asam folat sebesar 400 mg/hari.

Untuk mengkonsumsi suplemen asam folat tersebut sebaiknya Bunda konsultasikan kedokter kandungan juga ya. Semoga bermanfaat.