Bagaimana Mengatasi Keputihan

Posted on

Masalah keputihan memang kerap kali terjadi pada sebagian besar wanita. Keputihan adalah cairan berwarna putih agak kental yang keluar dari liang vagina dan biasanya berbau tidak sedap serta disertai rasa gatal. Ada dua macaman, yaitu keputihan fisiologis dan keputihan patologis. Yang dinamakan keputihan fisiologis yaitu keputihan yang umumnya terjadi pada saat masa subur dan menjelang atau akhir pada masa menstruasi. Keputihan fisilogis ini ditandai dengan, cairan yang keluar encer, berwarna krem atau bening, serta tidak menimbulkan bau, tidak menyebabkan gatal pada area alat genital, dan jumlahnya pun sedikit. Keputihan jenis ini merupakan keputihan yang normal dan hampir semua wanita pernah mengalaminya.

Sedangkan sebutan untuk keputihan patologis adalah keputihan yang tidak normal sehingga perlu diwaspadai. Keputihan ini biasa ditandai dengan pengeluaran cairan yang bersifat kental, bewarna putih seperti susu, terkadang bewarna mirip keju bahkan bewarna kehijauan, berbau yang tidak sedap, menimbulkan rasa gatal, menyisakan bercak-bercak pada celana dalam, dan cairan yang dikeluarkan sangat banyak. Keputihan jenis ini sudah masuk dalam kateggri keputihan yang tidak normal. Oleh sebab itu jika anda mengalaminya, upayakan jangan menunda dalam menanganinya, karena hal tersebut bisa menyebabkan munculnya gangguan-gangguan pada organ reproduksi anda yang lama-kelamaan bisa menjadi penyakit yang tak pernah anda harapkan.

Beberapa untuk Mengatasi Keputihan Anda

Oleh karena keputihan ini terjadi pada organ genital yang tentu saja melibatkan organ-organ reproduksi lainnya, sehingga anda perlu hati-hati dan tidak boleh sembarangan dalam mengatasinya. Anda perlu memperhatikan hal-hal yang seharusnya dihindari dan yang seharusnya sangat perlu untuk anda lakukan. Anda tidak boleh menggunakan bahan-bahan yang tidak sesuai dengan kondisi keasaman daerah kewanitaan anda. Oleh sebab itu, anda sangat perlu mengetahui bagaaimana sebaiknya yang anda lakukan agar bisa mengatasi keputihan tersebut.

Langkah awal yang perlu anda lakukan adalah dengan menjalankan pola hidup yang sehat. Secara umum, pola hidup yang sehat dilakukan dengan mengknsi makanan dan minuman yang mengandung gizi seimbang, sehingga perlu anda hindari mengkonsumsi makanan dan minuman yang kurang sehat. Selain itu, tubuh anda memerlukan olahraga sebagai merefleksi kembali organ-organ tubuh dan otot-otot agar terasa rileks kembali. Jadi usahakan sediakan waktu di pagi hari untuk melatih tubuh anda selalu bugar dan sehat. Dan yang juga perlu anda ingat, bahwa untuk mencapai tubuh yang sehat, anda juga dituntut agar menyegarkan fikiran dalam artian harus menghindari stress. Hal ini karena stress sangat mempengaruhi kerja tubuh dalam menghasilkan hormone. Jika anda stress, maka bisa menyebabkan gangguan pada sel-sel tubuh anda. dan, anda tentu membutuhkan waktu istirahat yang cukup. Untuk itu, jangan terlalu memaksakan tubuh untuk bekerja terlalu berat.

Setelah itu, yang perlu anda lakukan adalah dengan menjaga kesehatan dan kebersihan area organ kewanitaan anda dengan maksimal. Kebersihan alat genital ini sangat penting dalam mengatasi keputihan. Beberapa hal yang penting anda perhatikan dalam menjaga kebersihan organ kewanitaan anda yaitu dengan menjaga area tersebut selalu dalam keadaan kering dan bersih. Anda perlu harus lebih sering mengganti celana dalam, minimal dua kali, dan gunakan yang berbahan kain katun atau yang menyerap keringat. Jika anda merasa lembab, sebaiknya anda segera menggantinya. Kemudian, anda harus menggunakan pembalut yang cocok saat haid. Hindari penggunaan produk-produk pembersih yang berasal dari bahan kimiawi. Lebih baik anda menggunakan pembersih yang dari herbal alami.