Asam Folat untuk Ibu Hamil

Posted on

Asam folat merupakan salah satu zat yang akan banyak bermanfaat untuk ibu hamil, asam folat akan berperan penting dalam pembentukan DNA pada proses erithopoesis (pembentukan sel-sel darah merah) dan juga akan berperan dalam perkembangan sistem syaraf.

Asam Folat untuk Ibu Hamil

Disekitar kita ada banyak sekali makanan yang kaya akan folat sehingga untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan asam folat kita perlu mengkonsumsinya secara rutin dan teratur.

  • Bagi ibu hamil

Kekurangan asam folat akan meningkatkan resiko anda mengalami anemia, sehingga akan lebih cepat lelah, lesu dan pucat bahkan sampai menyebabkan keguguran. Takaran yang dibutuhkan seorang ibu ketka hamil dan masa subur adalah 400 mg atau setara dengan 2 gelas susu. Dalam pengkonsumsian, ada baiknya anda tidak hanya mengkonsumsi asam folat saat hamil saja melainkan pengkonsumsian sebelum terjadi kehamilan juga.

  • Bagi janin

Kekurangan asam folat akan membuat resiko bayi lahir cacat akan semakin besar. Baik itu kecacatan yang terjadi pada otak dan sumsum tulang belakang, atau cacat pada bagian tubuh yang dapat terlihat dengan jelas seperti bibir sumbing dan bayi akan lahir dengan berat badan yang rendah.

Kekurangan asam folat dapat menyebabkan gangguan metabolisme DNA. Sehingga akan terjadi perubahan dalam morfologi intisel, seperti sel darah merah, sel darah putih serta sel-sel epitel lambung dan usus. Sedang kekurangan asam folat dapat disebabkan karena kurangnya konsumsi, terganggunya absorbsi, dan kebutuhan metabolisme yang meningkat.

  • Pengaruh bagi ibu hamil

Disebabkan karena kurangnya konsumsi asam folat pada ibu hamil akan menyebabkan meningkatkan resiko anemia sehingga akan menyebabkan ibu menjadi lebih cepat lelah, letih lesu dan pucat.

  • Pengaruh bagi janin

Karena kekurangan konsumsi asam folat pada seorang ibu hamil ini juga akan berimbas pada janin yang dikandungnya. Hal ini akan menyebabkan meningkatnya bayi lahir cacat, baik cacat pada otak dan sumsum tulang belakang maupun cacat yang bisa terlihat dengan jelas seperti bibir sumbing dan sebagainya.

Beberapa ahli menyarankan pengkonsumsian asam folat dalam jumlah yang lebih juga dilakukan sebelum ibu mengalami kehamilan, sehingga nantinya saat hamil. Tubuh sudah siap untuk memenuhi kebutuhan akan asam folat yang tentunya akan meningkat dari hari biasanya.