Sperma Suami Encer, Apakah bisa Membuahi?

Posted on
imglan
OBAT CEPAT HAMIL TERBAIK! Lihat ➡

Hai Bunda… Mari mengenal hal penting yang mendukung terjadinya kehamilan. Apa itu?? Yup, selain ovum (milik istri) ada juga sperma (milik suami) yang berperan dalam terjadi pembuahan atau kehamilan.

Faktor yang juga berperan dalam proses pembuahan adalah sel sperma. Sel sperma akan berenang membuahi sel telur yang telah matang. Namun ada beberapa kasus pasangan sulit memperoleh keturunan. Sebabnya ada bermacam-macam, baik dari pihak wanita maupun pria. Pada pihak wanita biasa yang bermasalah adalah sel telur, indung telur, saluran indung telur, rahim, dan kelainan gangguan hormonal. Sedangkan pada pria, yang menyebabkan sulitnya memperoleh keturunan adalah tergantung dari kwalitas sperma.

Ini dia 100 Tips Cara Cepat Hamil yang dikaji mendalam. Khusus bagi Anda yang ingin segera memiliki momongan.
Maksimalkan Promil Anda Sekarang! » LIHAT DI SINI «

Saat satu kali ejakulasi (keadaan di mana ditandai dengan keluarnya cairan semen yang mengandung sperma dari Mr P atau penis saat hubungan intim), maka seorang pria akan mengeluarkan air mani sebanyak kurang lebih 4 mililiter, setara dengan satu setengah sendok teh. Dan dalam tiap 1 mililiter, normalnya terdapat sedikitnya sel sperma 20 juta sel dan hanya satu yang akan berhasil untuk membuahi sel telur. Tentu saja sel sperma inilah yang paling berkualitas diantara yang lainnya.

Namun, tidak semudah yang dibayangkan kebanyakan orang mengira, jika pasangan sudah melakukan hubungan seksual dan tips cara cepat hamil, maka peluang besar akan terjadi kehamilan. Akan tetapi, pada kenyataannya, banyak pula pasangan yang harus menunggu dalam waktu yang cukup lama untuk mendapatkan keturunan.

Anda tentunya tidak asing dengan istilah sperma encer. Sebenarnya yang encer adalah air mani, bukan sperma, karena sperma berupa sel-sel sulit untuk dilihat dengan mata telanjang. Bagi pria yang memiliki sperma encer tentu ada kekhawatiran bahwa dirinya akan lebih sulit memiliki keturunan jika spermanya encer. Tetapi apakah sperma encer menyebabkan wanita sulit hamil?

Sebelum membahas lebih lanjut sperma yang encer, terlebih dahulu kenali fakta tentang sperma berikut ini ya Bund.

  1. Sel Sperma dapat hidup dalam waktu yang lama

Tahukah Bunda bahwa sperma dapat hidup dalam tubuh wanita hingga lima hari setelah hubungan seksual. Tapi jangan khawatir, sperma tidak dapat hidup di permukaan atau di dalam kolam air panas, kolam renang, atau sejenisnya karena sebagian besar kolam renang dan kolam air panas telah dicampur dengan bahan kimia yang akan membunuh sperma segera. Bahkan di dalam air biasa yang tidak terkontaminasi, sperma hanya bisa hidup dalam beberapa hari saja. Jadi, jika Bunda sedang dalam masa program hamil hindari berendam atau mandi air hangat ya.

Baca juga :  9 Cara Mendapatkan Anak Perempuan Menurut Islam

2. Sel Sperma memiliki bentuk yang berbeda

Air mani biasanya putih atau abu-abu, tapi terkadang mereka dapat muncul kekuningan. Tetapi terkadang akan berwarna merah muda atau merah yang menunjukkan bahwa ada darah didalam sperma. Meskipun hal ini jarang terjadi karena masalah kesehatan yang serius, pria dengan sperma yang bernoda darah harus mencari saran dari dokter keluarga mereka.

Sebuah sperma yang normal memiliki bentuk kepala oval dan ekor panjang, serta berenang maju ke depan. Namun ada juga sperma yang tidak normal, seperti berkepala besar, kecil atau meruncing, berekor bengkok, keriting, menggulung atau bercabang dua. Kelainan sperma itulah yang dapat mengurangi kesuburan pria.

3. Sel Sperma menentukan jenis kelamin bayi

Pada prinsipnya untuk bisa hamil, sel sperma harus bisa membuahi sel telur yang nantinya akan menjadi bayi. Pada sel sperma, terdapat dua kromosom penentu jenis kelamin, yaitu kromosom X dan kromosom Y. Kromosom X adalah gen pembentuk anak perempuan, dan kromosom Y adalah gen pembentuk anak laki-laki. Sperma yang membawa kromosom X biasanya lebih kuat daripada sperma dengan kromosom Y. Ini juga yang dapat menjadi alasan mengapa bayi perempuan lebih banyak dibanding bayi laki-laki.

4. Terdapat jutaan sel sperma dilepaskan saat ejakulasi

Ejakulasi manusia rata-rata mengandung sekitar 180 juta sperma (66 juta/ml), tetapi beberapa ejakulasi dapat berisi sebanyak 400 juta sperma. Kuantitas (jumlah atau volume sperma) dan kualitas sperma merupakan penentu yang penting dari kesuburan dan berhasilnya pembuahan.

5. Kualitas sperma bisa ditingkatkan

Untuk mengetahui apakah sperma yang dihasilkan pasangan Bunda adalah sperma yang berkualitas maka perlu dilakukan pemeriksaan laboratorium ya Bund. Jika hasilnya kurang maka Bunda dan pasangan bisa mengubah pola hidupnya kearah yang lebih sehat dengan mengurangi konsumsi kopi, alkohol serta berhenti merokok. Selain itu, masukkan pilihan menu makanan yang mampu meningkatkan kualitas sperma dalam menu hariannya dengan konsumsilah makanan yang banyak mengandung seng seperti tiram, labu, daging domba, dan kepiting untuk mendapatkan ekstra booster terhadap nutrisi penting ini. Ada juga kacang-kacangan dan buah-buahan.

Apakah Sperma Suami Encer Bisa Membuahi

Apakah Sperma Suami Encer Bisa Membuahi

Sangat penting bagi Bunda dan pasangan mengetahui bahwa sebenarnya kesuburan pria tidak ditentukan oleh encer/kentalnya sperma, tetapi lebih pada kwalitas sperma itu sendiri. Meskipun cairan yang keluar saat pria ejakulasi encer, jika kwalitas sel spermanya bagus tetap akan bisa membuahi sel telur yang matang dan telah siap utuk dibuahi.

Baca juga :  Cara Menghitung Masa Subur Wanita Setelah Haid

Di masyarakatpun sudah dikenal istilah ejakulasi dini atau mani encer, dan hal ini slalu dikatakan sebagai penyebab pasangan sulit memperoleh keturunan. Namun anggapan tersebut tidak selamanya benar, karena memang bukan kekentalan sperma yang menentukan  kesuburan pria.

Sperma yang encer akan tetap bisa membuahi sel telur, jika kwalitas sel sperma normal, artinya tidak kurang dari jumlah normal, pergerakan yang normal, dan bentuk yang normal. Karena sperma yang sehat adalah sperma yang jumlahnya tidak kurang dari 20 sel sperma dalam tiap milliliter, memiliki pergerakan yang cepat, dan bentuk yang sempurna.

Jadi jika dalam waktu setahun Bunda dan pasangan telah melakukan berbagai program hamil dan belum berhasil maka sebaiknya segera konsultasikan ke dokter. Sangat penting untuk mengetahui secara dini masalah yang menyebabkan Bunda tak kunjung hamil sehingga Bunda dan pasangan akan lebih cepat dapat mengatasinya. Dengan demikian diharapkan kehamilan akan menjadi milik Bunda juga. Semoga bermanfaat.

Tapi saya tak mau menyerah. Saya lakukan semua usaha dan cara. Akhirnya SAYA HAMIL. INI YANG SAYA LAKUKAN!. » LIHAT DI SINI «