Apa yang menjadi Ciri-ciri pria mandul?

Posted on
imglan
OBAT CEPAT HAMIL TERBAIK! Lihat ➡

Kehadiran si buah hati merupakan salah satu hal yang paling di nantikan dan tentunya akan sangat membahagiakan bagi mereka yang telah menikah, khususnya bagi mereka yang baru saja menikah. Namun terkadang beberapa pasangan sangat sulit untuk mendapatkan momongan, meskipun beragam cara telah di lakukan hingga mengkonsumsi sayuran penambah kesuburan namun hasilnya tetap nihil. Hal ini bisa jadi di sebabkan pada salah satu pasangan baik itu wanita maupun pria yang mengalami kemandulan atau infertilitas. Nah apa itu mandul? dan

Mandul atau infertilitas merupakan kondisi dimana pasangan suami istri gagal dalam mendapatkan kehamilan setelah melakukan hubungan seksual selama kurang lebih satu tahun tanpa penggunaan alat kontrasepsi atau penundaan kehamilan. Dalam kasus ini yang di maksud adalah untuk proses reproduksi atau proses kehamilan itu sendiri, mandul biasanya akan menjadi momok yang sangat mengerikan bagi pasangan maupun individu itu sendiri karena rasa cemas dan gelisah dengan ketidakmampuan memiliki keturunan tentunya akan sangat membebani mental.

Ini dia 100 Tips Cara Cepat Hamil yang dikaji mendalam. Khusus bagi Anda yang ingin segera memiliki momongan.
Maksimalkan Promil Anda Sekarang! » LIHAT DI SINI «

Pihak wanita merupakan orang yang akan selalu dipertanyakan kesuburannya jika dalam sebuah rumah tangga belum juga mendapatkan momongan. Terkadang kita lupa bahwa untuk terjadinya kehamilan bukan hanya pihak wanita yang bertanggung jawab tetapi juga pihak pria.

Oleh sebab itu, jika dalam satu tahun pernikahan Anda beserta pasangan belum juga mendapatkan momongan maka jangan menunda terlalu lama untuk bertemu dengan dokter dan melakukan pemeriksaan terkait organ repsoduksinya.

Biasanya pihak wanita terlebih dahulu akan melakukan pemeriksaan dengan suka rela. Hal ini berkaitan dengan perasaannya yang “mungkin” lebih banyak menderita dibandingkan dengan pihak pria. Namun, setelah dilakukan pemeriksaan dan tidak ditemukan masalah maka jangan menutup mata sebelah. Bisa jadi pihak prialah yang mengalami kemandulan. Nah bagaimana ciri-ciri pria mandul?

Ciri-ciri pria tidak produktif (mandul) dapat di ketahui dari beberapa faktor yang dapat langsung di perhatikan seperti kekentalan sperma, baunya, kondisinya bila di luar rahim.

Apa yang menjadi Ciri-ciri pria mandul?

Ciri-ciri pria mandul biasanya memiliki sperma yang kurang sehat atau tidak baik. Biasanya memiliki bau yang tidak khas atau berbau busuk, volume yang di hasilkan biasanya kurang dari 2 hingga 5 mililiter, pada kondisi di luar rahim tidak mampu mencair dalam kurun waktu 1 jam, warna yang di miliki tidak putih keruh dan kurang kental.

Baca juga :  Manfaat Minum Susu Prenagen Esensis Sebelum Hamil

Seperti halnya se telur (ovum), sperma adalah kunci kehamilan. Apabila sperma tidak bisa membuahi sel telur karna beberapa sebab, maka kehamilan tidak mungkin terjadi.

Bagaimana cara mengetahui kualitas sperma laki-laki?

Butuh dilakukan pemeriksaan laboratorium guna mengetahui apakah sperma baik dan sehat. Jadi, kualitas sperma bukanlah tentang encer atau kentalnya air mani, melainkan perlu kriteria medis yang hanya bisa didapatkan dengan pemeriksaan lab.

Beberapa kriteria sperma yang baik dan berkualitas antara lain:

  1. Vulome yang cukup

Seorang pria yang sehat umumnya memproduksi 70 hingga 150 juta sel sperma perhari, yang terdapat didalam air mani dengan volume normal 2-5 ml tiap kali ejakulasi. Untuk menghasilkan sperma yang bagus dan matang, kinerja testis sangat diperlukan.

Volume sperma yang baik akan tercapai apabila laki-laki memberikan jeda waktu selama 2-3 hari untuk berejakulasi. Hal ini akan memperbesar peluang Bunda untuk hamil.

2. Konsentrasi sperma

Laki-laki yang subur mempunyai konsentrasi sperma diatas 20 juta per cc atau 40 juta secara keseluruhan.

Konsentrasi sperma yang rendah biasa disebut dengan oligospermia. Konsentrasi sperma rendah merujuk pada nilai dibawah 20 juta/cc dan konsentrasi sperma sangat rendah dan merujuk pada nilai 10 juta/cc.

Azoospermia adalah kondisi dimana kurang sekali atau sama sekali tidak ditemukan adanya sperma

3. Pergerakan sperma

Pergerakan sperma yang dimaksud bukan tentang kecepatan semburan sperma atau air mani yang dikeluarkan penis. Akan tetapi kecepatan pergerakan sperma didalam vagina menuju sel telur.

Begitu sperma masuk ke dalam vagina, mereka butuh waktu 3 hari agar dapat mencapai ovum (sel telur) yang jaraknya sangat pendek, yakni 15 cm.

Sperma yang baik adalah sperma yang aktif bergerak dan mampu menembus barier lendir serviks. Bila menembus barier lendir serviks saja sudah kesulitan, maka akan silit mengharapkan sperma tersebut mampu membuahi sel telur.

Berdasarkan penggolongan yang dilakukan oleh WHO, berikut ini 4 jenis sperma berdasarkan pergerakan (motilitas):

  • Kelas A : sel sperma yang berenang maju dengan cepat dalam garis lurus seperti peluru kendali.
  • Kelas B : sel sperma yang berenang maju tetapi dalam garis melengkung atau bergelombang, atau dalam garis lurus tetapi lebih lambat.
  • Kelas C : sel sperma yang ekornya bergerak tetapi tidak maju.
  • Kelas D : sel sperma yang sama sekali tidak melakukan pergerakan.

Laki-laki yang subur paling tidak memiliki 50% sperma kelas A dan B. Sperma kelas C dan D tergolong sperma yang kurang baik. Bila sperma laki-laki terkandung lebih banyak sperma kelas C dan D maka akan sulit untuk memiliki keturunan.

Baca juga :  Minuman Alami untuk Mempercepat Kehamilan

4. Bentuk dan ukuran sperma

Bentuk kepala sel sperma yang baik adalah yang berbentuk oval, karna sperma seperti ini memiliki enzim dikepalanya yang akan membantu sperma dalam menembus lapisan terluar sel telur nantinya. Dalam jumlah sperma total laki-laki yang subur, terkandung minimal 30% sel sperma dengan bentuk yang normal.

Sementara untuk ciri yang dapat di lihat menggunakan tes lab ialah pada tiap mililiter tidak memiliki sperma berjumlah 20 hingga 40 juta yang memiliki jumlah berbentuk normal kurang lebih 30%.

Tanda lain yang seringkali ditemukan pada pria yang mengalami infertilitas atau kemandulan pada alat repruksinya seperti rusaknya buah zakar sebagai tempat produksi sperma, hernia dan faktor genetis. Nah demikian ulasan yang dapat kami berikan mengenai ciri-ciri pria mandul, semoga bermanfaat.

Tapi saya tak mau menyerah. Saya lakukan semua usaha dan cara. Akhirnya SAYA HAMIL. INI YANG SAYA LAKUKAN!. » LIHAT DI SINI «