10 Tips dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Posted on
imglan
OBAT CEPAT HAMIL TERBAIK! Lihat ➡

Anak mengalami susah makan adalah salah satu problem yang pasti dialami oleh setiap orang tua, disini Mama memiliki peran yang sangat penting untuk membuat buah hati bisa terpenuhi nutrisinya, nah berikut ini adalah cara mengatasi anak susah makan yang bisa Mama terapkan di rumah.

  • Bangun suasana menyenangkan

Untuk membuat anak mau makan tentu saja Mama harus melakukan beberapa cara, yang salah satunya harus Mama lakukan adalah membangun suasana yang menyenangkan. Perlu Mama ketahui membangun suasana sangatlah penting untuk membuat anak mau makan, membangun suasana menyenangkan ini bertujuan untuk membangkitkan selera makan dari si anak.

Ini dia 100 Tips Cara Cepat Hamil yang dikaji mendalam. Khusus bagi Anda yang ingin segera memiliki momongan.
Maksimalkan Promil Anda Sekarang! » LIHAT DI SINI «

Mama bisa membuat suasana menyenangkan seperti mengadakan makan bersama keluarga, Mama juga bisa mengundang anak-anak tetangga untuk makan bersama di rumah. Hal ini akan membuat anak Mama bisa antusias dalam menikmati makanan yang telah Mama buat.

  • Hindari memberi jus atau susu sebelum makan

Tips berikutnya yang perlu Mama perhatikan adalah asupan yang Mama berikan sebelum makan, kerap kali kebanyakan orang tua memberikan jus ataupun susu sebelum anaknya makan, sebenarnya hal ini adalah tindakan yang salah. Dengan memberikan jus ataupun susu sebelum makan akan membuat anak Mama cepat kenyang saat sedang makan, bahkan sebelum makan makanan yang bergizi tak jarang anak sudah merasa kenyang. Sehingga Mama perlu memperhatikan hal ini karena akan mempengaruhi gizi anak Mama tersebut.

Baca Juga: 10 Pola Hidup Sehat Agar Bunda Cepat Hamil

  • Perkenalkan berbagai jenis makanan

Cara mengatasi anak susah makan yang berikutnya adalah dengan memperkenalkan anak Mama dengan berbagai jenis makanan. Hal ini perlu dilakukan mengingat anak sedang dalam masa dimana harus diperkenalkan dengan berbagai jenis makanan, sehingga anak Mama bisa memilih makanan yang mereka sukai dan tidak sukai.

Sebisa mungkin Mama memperkenalkan makanan yang sehat saja, janganlah memperkenalkan makanan cepat saji karena akan membuat anak Mama akan mengalami kekurangan gizi.

  • Buatlah menu makanan yang berbeda setiap harinya

Hal selanjutnya yang perlu Mama lakukan adalah membuat berbagai menu yang berbeda setiap harinya, hal ini bertujuan untuk membuat buah hati tidak bosan dengan makanan yang Mama buat. Walaupun terkadang anak menyukai satu atau dua jenis makanan saja, namun Mama juga harus tetap membuat berbagai jenis makanan supaya anak tidak kekurangan gizi.

Jika diperlukan Mama juga bisa membuat daftar menu makanan apa yang akan dikonsumsi buah hati di hari tersebut, hal ini akan mempermudah Mama dalam mengatur gizi yang akan diterima sang buah hati.

Baca Juga: 10 Tips Agar Hamil Anak Perempuan

  • Perhatikan mood anak

Memperhatikan mood anak adalah cara mengatasi anak susah makan yang paling harus Mama ketahui, biasanya mood anak bisa dipengaruhi banyak hal mulai dari suasana yang kurang menyenangkan hingga makanan yang Mama sediakan sudah bosan dikonsumsi oleh buah hati. Disini Mama bisa menerapkan beberapa cara seperti membuat makanan dengan bentuk lucu ataupun membuat makanan dengan bentuk yang unik.

Solusi untuk Mengatasi Anak Susah Makan

10 Tips dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Dengan Mama melakukan cara seperti ini dipastikan mood anak akan kembali lagi, sehingga bisa mau mengkonsumsi makanan yang Mama buat. Perlu Mama perhatikan juga bentuk makanan yang dibuat juga harus berbeda-beda setiap hari agar si buah hati mau memakannya.

  • Memberi suplemen jika dibutuhkan

Cara yang paling ampuh berikutnya adalah dengan memberi sebuah suplemen, Mama bisa menggunakan suplemen ini untuk menambah nafsu makan buah hati. Pilihlah suplemen yang aman serta memiliki bentuk yang lucu, hal ini agar buah hati mau untuk memakan suplemen yang Mama berikan.

Namun perlu diperhatikan suplemen ini jangan Mama berikan setiap harinya, cukup berikan saat buah hati tidak mau makan saja. Jika buah hati mau makan maka sebisa mungkin Mama jangan menggunakan suplemen, hal ini bertujuan agar buah hati memiliki nafsu makan tanpa bantuan suplemen.

  • Memberikan contoh kepada anak

Buah hati yang sedang mengalami masa pertumbuhan biasanya akan meniru segala hal dari orang tuanya, tak terkecuali kebiasaan makan Mama itu sendiri. Nah disini Mama juga harus mencontohkan buah hati dengan memakan makanan yang sehat dan bergizi, dengan begini akan membuat buah hati mau memakan makanan yang Mama berikan.

Baca Juga: 10 Tips Mendapatkan Anak Laki-Laki

Selain itu hal ini juga akan mempermudah Mama dalam mengenalkan makanan sehat kepada buah hati, karena Mama tidak perlu lagi menjelaskan mana makanan yang baik dan mana makanan yang buruk.
Membuat camilan yang bergizi

Selain makaman utama Mama juga bisa membuat camilan yang bergizi untuk si buah hati, cara mengatasi anak susah makan seperti ini cenderung lebih efektif untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan buah hati yang lebih suka makan camilan ketimbang makan makanan utama, nah disinilah Mama bisa membuat camilan yang bergizi seperi kue, pudding, ataupun camilan lainnya yang di dalam camilan Mama bisa memberikan buah-buahan ataupun sayur-sayuran.

Membuat camilan ini juga berguna untuk memenuhi gizi buah hati yang tidak sempat terpenuhi ketika makan makanan utama, Mama bisa memberikan camilan kepada anak 2 sampai 3 kali sehari.

  • Jangan memaksa anak untuk makan

Tips dalam mengatasi anak yang susah makan adalah dengan tidak memaksanya untuk makan, Mama disini bisa berperan aktif dalam membujuk buah hati untuk makan, namun janganlah memaksanya karena akan membuat buah hati menjadi enggan untuk makan. Mulailah dengan membujuk makan dengan menunjukkan makanan yang Mama sediakan, jika buah hati tidak tertarik cobalah untuk membujuknya seperti satu atau dua suapan saja.

Nah saat si buah hati merasakan makanan yang Mama buat lihatlah buah hati suka atau tidak suka, jika tidak suka usahakan Mama tidak memaksanya untuk memakannya lagi. Mama bisa mengganti menu makanan dengan makanan yang biasa disukai buah hati Mama.

  • Turuti keinginan anak

Menuruti keinginan anak adalah hal yang sepele, namun hal ini juga merupakan cara mengatasi anak susah makan yang cukup ampuh. Biasanya anak akan meminta makan yang diinginkannya ataupun ingin makan sambil bermain, disini Mama harus sebisa mungkin mengikuti keinginannya tersebut. Walaupun terkesan rewel namun hal inilah yang akan membuat anak mau memakan makanan yang Mama buat.

Baca Juga: 10 Vitamin Terbaik untuk Daya Tahan Tubuh Anak

Tetaplah menuruti keinginan anak agar anak bisa memiliki gizi yang cukup, selain itu hal ini juga akan membantu tumbuh kembangnya sehingga Mama janganlah marah jika buah hati agak sedikit rewel ketika diberi makan.

Nah itulah 10 tips yang bisa Mama terapkan jika si buah hati susah untuk makan, tetaplah tenang dan terapkan cara yang kreatif untuk membuat anak mau makan makanannya. Janganlah memaksa karena anak akan semakin tidak mau makan dan malahan akan membuat Mama susah. Cara mengatasi anak susah makan memang sangatlah banyak sehingga Mama tidak perlu khawatir jika buah hati susah untuk makan karena Mama bisa menerapkan cara-cara diatas.

  • Herbal Ampuh mengatasi Anak Susah Makan

Laperma Platinum adalah Suplemen nafsu makan yang berbahan dasar madu, ekstrak lempuyang, ekstrak ikan salmon dan ekstrak temulawak yang sangat baik untuk dapat meningkatkan selera makan si kecil. Info Lengkapnya bisa anda lihat Disini atau untuk bertanya terlebih dahulu mengenai Laperma Platinum anda bisa chat kami di 085299710101.

Tapi saya tak mau menyerah. Saya lakukan semua usaha dan cara. Akhirnya SAYA HAMIL. INI YANG SAYA LAKUKAN!. » LIHAT DI SINI «