10 Hal yang Menghambat Kehamilan

Posted on

Hamil dan memiliki buah hati merupakan salah satu keinginan terbesar wanita. Dengan memiliki anak maka seorang wanita telah mencapai tingkat kesempurnaannya. Namun, tidak sedikit wanita yang merasa kesulitan untuk hamil. Entah itu disebabkan karena kesengajaan menunda kehamilan terlalu lama maupun dikarenakan banyak faktor lainnya.

Apakah bunda salah satu yang merasakannya? Simak informasi penting di bawah ini terkait 10 hal yang menghambat kehamilan sebagai acuan untuk mengintropeksi diri.

  • Menstruasi Tidak Teratur

Penyebab pertama berasal dari diri para bunda sendiri, yakni berkaitan erat dengan siklus haid. Tahukah bunda? tidak teraturnya jadwal atau siklus menstruasi ternyata menjadi salah satu hal yang menghambat kehamilan. Banyak wanita yang mengalami hal ini, dan secara umum penyebab utamanya ialah karena tidur yang tidak teratur serta stres berlebihan. Mungkin terlihat sangat sepele dan sederhana, namun siapa sangka jika dampaknya bisa sebesar itu bukan? sederhananya, para bunda kesulitan untuk mengetahui dan memprediksi masa subur dan sulit untuk merencanakan kehamilan.

Pada dasarnya, gangguan siklus haid ini terjadi akibat ketidakseimbangan hormonal, beberapa penyebab utamanya ialah seperti kelelahan, diet ketat, stress, kegemukan, berat banda yang turun secara drastis, penggunaan kb hormonal serta akibat gangguan kesehatan yang terjadi pada indung telur. Beberapa hal ini yang wajib bunda deteksi dan waspadai sejak dini untuk melancarkan rencana kehamilan.

  • Konsumsi Pil KB Terlalu Lama

Keinginan awalnya ingin menunda kehamilan, namun siapa sangka malah kebablasan dan menundanya untuk waktu yang terlampau lama. Perlu bunda ketahui, penggunaan pil KB yang terlalu lama ternyata sangat mempengaruhi tingkat kesuburan. Banyak wanita yang telah membuktikan hal ini, dimana mereka merasa sangat kesulitan memiliki buah hati pasca berhenti mengkonsumsi pil KB. Bukan berarti bunda tidak boleh menggunakannya, dibandingkan mengkonsumsi pil KB dan mempengaruhi tingkat kesuburan, akan lebih baik jika bunda menggunakan alat kontrasepsi suntik.

  • Masalah Hormonal Pada Istri

Masalah hormonal pada istri (bunda tentunya) bisa dikelompokkan menjadi 3, yaitu masalah hormonal akibat siklus haid yang terganggu, akibat alergi akan sperma dan akibat sindroma ovarium polikistik. Nah, bunda harus memahami ketiga kondisi ini dengan baik untuk mengetahui batasan dan cara tepat menanganinya. Untuk masalah hormonal akibat silklus haid bunda cenderung mengalami kesuburan yang rendah. Bunda akan dikatakan alergi sperma karena tubuh membentuk antibodi untuk menolak sel sperma. Kini terapi tertentu bisa dilakukan untuk menangani masalah yang satu ini, jadi bunda tidak perlu kalang kabut.

Penghambat Kehamilan yang Perlu Diperhatikan

10 Hal yang Menghambat Kehamilan

  • Kualitas Sperma Suami Rendah

Masalah berikutnya datang dari pasangan bunda nih. Ya, kualitas sperma suami yang rendah juga membuat kehamilan menjadi sangat sulit diwujudkan. Kelainan sel sperma ini biasanya disebabkan karena pembentuk spermatozoa yang terganggu. Faktor utama yang menyebabkan hal ini ialah karena pola hidup suami yang tidak sehat. Untuk itu, pastikan bunda telah memberitahukan perihal masalah ini pada suami tercinta.

  • Badan Terlalu Gemuk Atau Terlalu Kurus

Kondisi tubuh yang terlalu gemuk atau terlalu kurus juga menjadi masalah pelik untuk bunda-bunda yang ingin merencanakan program kehamilan. Ternyata kondisi tubuh yang terlalu gemuk menyebabkan ovulasi menjadi tidak teratur. Tubuh yang kekurangan lemak atau terlalu kurus juga tidak baik untuk bunda yang merencanakan program
kehamilan, dimana produksi hormon untuk ovulasi menjadi semakin lambat. Oleh sebab itu, memiliki tubuh ideal dengan sedikit lemak sangat bagus untuk wanita hamil.

  • Olahraga & Aktivitas Harian Terlalu Berat

Melakukan olahraga atau aktivitas harian yang terlalu berat dan melelahkan nyatanya juga tidak baik untuk tubuh. Terlebih untuk bunda yang sedang merencanakan program kehamilan. Tingginya aktivitas akan membuat siklus haid menjadi terganggu akibat penurunan gonadotropin dan meningkatnya produksi edorphin dan kortisol yang tidak baik untuk ovulasi.

  • Konsumsi Alkohol dan Merokok

Dua kebiasaan buruk ini pada dasarnya tidak hanya dialami oleh seorang pria, melainkan juga sering terjadi pada wanita. Apakah bunda juga memiliki kebiasaan buruk ini? Jika iya, maka segera jauhkan dan hindari pola hidup tidak sehat karena sangat mempengaruhi kehamilan bunda nantinya. Merokok dan mengkonsumsi alkohol ternyata dapat menekan produksi hormon estrogen dan progesteron yang sangat dibutuhkan untuk ovulasi. Pada pria yang memiliki dua kebiasaan buruk ini akan ditandai dengan ukuran testis yang mengecil dan mengurangi volume air mani, mobilitas, morfologi, serta konsentrasi spermatozoa untuk membuahi sel telur.

  • Penggunaan Pembersih Alat Kewanitaan Atau Pelumas

Tahukah bunda? Ternyata pelumas yang digunakan saat berhubungan badan sangat berisiko terhadap sperma serta berisiko terhadap infertilitas. Oleh sebab itu, jika bunda merasa ada yang salah dengan kehamilannya seperti sulit hamil, maka cobalah untuk memeriksa label pelumas yang digunakan. Pastikan pelumas tersebut tidak mengandung bahan spermisida yang membahayakan sel sperma. Namun, jika memang diharuskan menggunakan pelumas, maka pelumas berbahan air bisa menjadi pilihan tepat untuk bunda dan pasangan.

  • Pola Istirahat Tidak Baik

Istirahat dan tidur menjadi salah satu kebutuhan hidup yang wajib dipenuhi oleh semua manusia, termasuk bunda salah satunya. Istirahat yang cukup akan membantu menyegarkan serta memperbaiki sistem otak, suasana hati serta berbagai hormon penting yang ada di dalam tubuh. Salah satunya ialah hormon kesuburan wanita. Mungkin bunda sedang bertanya-tanya, bagaimana kedua hal ini bisa saling berkaitan. Pada dasarnya, otak memiliki fungsi mengatur hormon melatonin dan kortisol dalam tubuh seseorang. Hormon tersebutlah yang akan mengatur fungsi ritme jam biologis tubuh dalam mengendalikan semua fungsi organ tubuh manusia.

Ritme seakan menjadi pertanda kapan seseorang mengantuk dan butuh tidur, sebaliknya juga menjadi alarm kapan seseorang harus bangun. Nah, pada saat kadar hormon melatonin meningkat maka tubuh akan melepaskan hormon estrogen dan progesteron yang mempengaruhi tingkat kesuburan. Oleh sebab itu, saat tubuh dipaksakan untuk berjaga pada malam hari, maka akan memperlambat produksi melatonin dan mengacaukan produksi hormon reproduksi bunda. Untuk itu, pastikan bunda telah menjada pola hidup dan pola tidur yang tepat.

  • Malu Memeriksakan Diri Ke Dokter Spesialis Kandungan

Masalah berikutnya ialah malu untuk melakukan pemeriksaan rutin pada dokter spesialis kandungan. Ini menjadi salah satu masalah yang kerap dihadapi oleh para bunda. Padahal check up saat hamil maupun sebelum hamil sangat dibutuhkan oleh para bunda. Memang awalnya akan terlihat tidak nyaman dan sedikit canggung karena dokter akan melihat bagian paling privat di tubuh bunda. Atau bunda agak malu untuk membahas lebih jauh mengenai isu-isu intim seputar hubungan suami istri dan sejenisnya. Namun, bunda tidak perlu khawatir apalagi merasa malu karena itu telah menjadi tugas seorang dokter dan cobalah untuk lebih santai dalam menyikapinya.

Salah satu alasan lain pasangan malu memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan adalah jika nanti berdasarkan hasil pemeriksaan salah satu pasangan terindikasi mandul. Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap masalah psikologis, yang lebih parah bisa menjadi asal masalah keretakan dalam rumah tangga. Karena alasan tabu ini, akhirnya banyak pasangan yang membiarkan kehidupan rumah tangga mereka tanpa momongan. Dibanding harus merasa malu seumur hidup karena diklaim sebagai mandul, akhirnya memilih untuk tak melakukan pemeriksaan seumur hidup mereka. Hmm …

Beberapa hal penting yang biasanya perlu bunda konsultasikan dengan dokter kandungan ialah seperti kehidupan seksual, pola hidup, asupan suplemen, isu-isu kekerasan di rumah tangga hingga harapan untuk memiliki momongan. Sampaikan segala keluh kesah bunda pada dokter spesialis yang menangani sehingga mereka akan memberikan masukan dan membantu menangani segala permasalahan yang bunda hadapi. Bukan menyulitkan, kehadiran dokter spesialis kandungan menjadi kunci bunda untuk memperbesar kesempatan untuk bisa hamil. So, tidak perlu malu bunda. Itulah 10 hal yang menghambat kehamilan yang patut bunda ketahui.

Tambahan, jika anda termasuk salah satu pasangan muda yang menantikan kehamilan dan sudah membaca berbagai macam tips tentang kehamilan serta bahkan sampai menerapkan beragam tips yang sudah anda dapatkan tersebut, namun tetap saja tidak membuahkan hasil sama sekali, selain dengan berkonsultasi dengan dokter ahli kandungan anda juga bisa mengkonsultasikan masalah anda kepada kami melalui WA di 082313210111 (tolong hubungi kami pada jam kerja saja), tips hamil yang kami bagikan sudah banyak terbukti sangat membantu, karena kami menyarankan “Herbal Penyubur Kandungan Suka dan penyubur pria Eury-X“. Anda bisa klik Disini untuk info lengkapnya!